Anak Remaja Rentan Terserang DBD atau Demam Berdarah Dengue

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Demam Berdarah menjadi salah satu penyakit endemik yang sering terjadi di indonesia. Bahkan Indonesia telah menduduki peringkat kedua negara endemis demam berdarah.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadikan penyakit demam berdarah muncul di berbagai daerah yaitu banyaknya populasi dari nyamuk demam berdarah. Untuk itu berbagai langkah telah dilakukan oleh pemerintah untuk bisa menumpas atau mengurangi kejadian demam berdarah. Salah satu langkah yang sering kita dengar adalah 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur.

Demam berdarah disebabkan oleh virus yang dibawah oleh nyamuk. Dimana nyamuk tersebut adalah Aedes Aegypti. Nyamuk ini menyerang sistem pembekuan darah. Ini bisa diketahui dari turunnya kadar trombosit dalam darah. Darah yang tidak bisa membeku akan mengakibatkan perdarahan.

Namun, selain nyamuk tersebut ada juga nyamuk Ae albopictus yang menjadi agen penular dari penyakit demam berdarah. Dimana ada 4 tipe virus dengue yang menjadi penyebab demam berdarah yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Dari ke empat jenis virus dengue tersebut DEN-3 lah yang menjadi salah satu jenis terbanyak di Indonesia.

Remaja tak luput dari serangan demam berdarah. Apalagi jika tinggal di area dimana banyak nyamuk Aedes aegypti berkembang biak. Saat gigitan nyamuk menyerang tubuh, terjadi masa inkubasi selama 7-14 hari dan menimbulkan gejala demam berdarah berikut ini:

  • Demam tinggi.
  • Sakit kepala.
  • Kesulitan untuk bernapas dengan lega.
  • Tubuh lemas dan munculnya bintik-bintik merah.
  • Nyeri di beberapa bagian tubuh seperti tulang, sendi dan bagian belakang mata.

Begitu gejala demam berdarah atau infeksi dengue muncul, perlu pertolongan medis segera. Namun saat pertolongan medis itu belum didapatkan, bisa melakukan pertolongan dengue pertama kali dengan perawatan ringan berikut ini:

  • Minum banyak cairan, sebab saat suhu tubuh meningkat maka cairan tubuh akan berkurang banyak. Sehingga harus banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi.
  • Minumlah obat penurun demam dan bisa meringankan rasa sakit yang terjadi di sekujur tubuh karena infeksi dengue. Contohnya seperti Paracetamol. Namun hindari obat penghilang rasa sakit yang bisa meningkatkan risiko pendarahan seperti aspirin dan ibuprofen.
  • Lanjutkan dengan istirahat yang cukup.

Pertolongan pertama ini hanya dilakukan untuk meringankan rasa sakit yang dirasakan. Selanjutnya, pergilah ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan demam berdarah lebih lanjut yang meliputi pemeriksaan di laboratorium.

Ada beberapa cara untuk mencegah gejala demam berdarah, meliputi:

  1. Bersihkan bak mandi Anda seminggu sekali.
  2. Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama.
  3. Tutup perabotan rumah tangga Anda yang menampung air.
  4. Gunakan kasa nyamuk.
  5. Gunakan lotion anti nyamuk atau kelambu. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here