Ancaman Kesehatan di Usia Dua Puluhan

SehatFresh.com – Usia 20 tahunan adalah usia di mana kondisi tubuh sedang berada pada tingkat paling bugar. Karena hal ini, tidak heran banyak orang yang cenderung kurang memerhatikan pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.Di usia 20-an, seseorang biasanya memiliki semangat tinggi untuk mewujudkan cita-citanya. Usia tersebut bisa dikatakan usia paling produktif untuk melakukan banyak hal penting dalam hidup. Menempuh jenjang pendidikan, memasuki dunia kerja, dan mulai membangun keluarga adalah sebagian kecil tahapan kehidupan yang dilakukan di usia tersebut.

Meski demikian, bukan berarti mereka yang berusia 20-an bebas dari ancaman kesehatan. Data WHO menunjukkan bahwa dari 57 juta kasus kematian di dunia pada 2008, hampir dua pertiganya disebabkan oleh PTM (penyakit tidak menular). Kematian akibat PTM tersebut diperkirakan akan terus meningkat jumlahnya terkait dengan kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Kurangnya kesadaran gaya hidup sehat adalah penyebab utama masalah ini. Kebiasaan merokok, konsumsi alkohol berlebihan, terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga akhirnya lupa makan dan stress serta kurang olahraga beberapa perilaku negatif yang tanpa kita sadari akan berdampak buruk pada kesehatan. Kurangnya informasi tentang diet sehat juga telah dikaitkan dengan kematian di usia muda akibat PTM.

Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang bisa menyerang di usia 20 hingga 30 tahun, yang patut diwaspadai :

  • Depresi
    Mereka yang menginjak awal usia matang cukup rentan terkena gangguan kesehatan mental, dan biasanya terjadi di usia 24 tahun ke atas. Kini, depresi telah menjadi masalah yang cukup banyak ditemukan pada orang usia muda. Sekitar 11 persen masalah depresi dialami wanita usia muda, dan enam persen menyerang pria usia muda.
  • Hipertensi dan kolesterol
    Tekanan darah tinggi merupakan cikal bakal penyakit jantung. Diperkirakan sekitar tiga persen orang di usia muda menjelang dewasa mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Maka dari itu, para ahli kesehatan menyarankan agar orang dewasa berusia di atas 20 tahun sebaiknya melakukan pemeriksaan terkait tekanan darah dan kolesterol setiap lima tahun sekali. Semakin dini hipertensi diatasi, maka risiko terkena serangan jantung dan stroke juga dapat ditekan sekecil mungkin.
  • Penyakit maag
    Penyakit maag merupakan salah satu penyakit tidak menular yang paling banyak diderita oleh orang Indonesia segala usia. Penyakit ini berkenaan dengan saluran pencernaan dan ditandai adanya peradangan pada lambung yang kemudian menyebabkan rasa sakit, mulas, perih, dan kembung pada perut. Pola makan tidak teratur merupakan penyebab sakit maag yang paling umum. Stres juga dapat menjadi pemicunya. Kendati sering diremehkan, maag kronis dapat mengakibatkan efek yang sangat fatal bahkan kematian.
  • Kanker
    Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, terbiasa makan junk food dan kurang olahraga adalah beberapa faktor risiko timbulnya kanker. Dengan demikian, sangat penting untuk memerhatikan pilihan hidup sehat pada usia 20 tahun ke atas. Berhenti merokok, tidak minum alkohol dan menjalani diet sehat adalah kunci agar terhindar dari penyakit mematikan. Membiasakan pola hidup sehat sejak muda dapat mengurangi risiko kanker di usia lanjut.
  • Diabetes
    Kesibukan akibat pekerjaan seringkali membuat orang tidak memerhatikan apa yang dikonsumsinya. Makanan cepat saji seringkali menjadi pilihan untuk sekadar mengenyangkan perut. Makanan cepat saji umumnya rendah kandungan nutrisinya namun tinggi karbohidrat dan gula. Bukan tidak mungkin jika Anda terbiasa makan makanan cepat saji, Anda bisa terkena diabetes di usia muda. Jam tidur yang tidak teratur akibat sering lembur kerja dan kurangnya olahraga juga dapat meningkatkan risiko diabetes di usia muda.

Sumber gambar : natureve.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY