Ancaman Penyakit Akibat dari Malas Menggosok Gigi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjaga kebersihan mulut dan gigi merupakan hal yang penting dalam dunia kesehatan. Apabila anda malas menggosok gigi anda akan mengalami beberapa resiko penyakit. Berikut ini beberapa penyakit yang mengancam akibat dari malas menggosok gigi :

  1. Bau mulut

Apabila anda malas menggosok gigi anda akan mengalami bau mulut. Menurut Dr. Ravazzi dari Center of Disease Control Prevention mengatakan bau mulut atau halitosis disebabkan karena kesehatan mulut yang buruk, gigi yang busuk, penyakit gusi dan penyakit sistemik. Menurut beliau cara mencegah bau mulut dengan cara menjaga pola makan yang sehat, rajin menggosok gigi dan rutin untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

  1. Gusi berdarah

Kondisi mulut dan gigi yang jarang dibersihkan akan rentan mengalami perdarahan. Kondisi ini akan memicu terjadinya infeksi.

  1. Ludwig’s angina

Malas menggosok gigi akan beresiko terjadinya ludwig’s angina yang mematikan. Ludwig’s angina yaitu suatu infeksi yang terjadi pada jaringan ikat dasar mulut yang disebabkan karena penumpukan sisa makanan yang memicu berkembangbiakan bakteri.

  1. Gangguan pernafasan

Gangguan pernafasan seperti asma, infeksi, pneumonia, kanker paru-paru dan lain sebagainya bisa terjadi karena faktor kesehatan mulut dan gigi yang buruk akibat malas menggosok gigi.

  1. Sepsis

Jarang menggosok gigi beresiko terjadinya sepsis. Sepsis yaitu respon sistem imun yang berlebihan terhadap infeksi di dalam tubuh sehingga menyebabkan peradangan dan pembukuan darah di dalam tubuh.

  1. Diabetes

Jarang menggosok gigi akan membuat kondisi mulut menjadi kering dan penumpukan bakteri. Jenis sisa-sisa makanan manis apabila tidak dibersihkan akan mengakibatkan gula dalam tubuh anda meningkat. Sehingga kebiasaan malas menggosok gigi akan memicu penyakit diabetes akan mengancam tubuh anda.

  1. Osteoporosis

Rajin menggosok gigi salah satu upaya menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Menurut hasil penelitian  National Institute of Health menyatakan bahwa apabila terdapat banyak bakteri di sela-sela gusi maka akan memicu jaringan ikat pada gigi membusuk dan menurunkan sistem imun. Selain itu kesehatan mulut dan gigi yang buruk dapat mengakibatkan tulang keropos atau yang disebut dengan osteoporosis.

  1. Jantung

Jarang menggosok gigi akan meningkatkan berkembangbiakan phatogen dan akan menjadi penumpukan plak di dalam arteri. Plak tersebut dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke.

  1. Masalah kognitif

Menurut hasil penelitian menyatakan bahwa sesorang yang jarang menggosok gigi akan beresiko mengalami demensia. Demensia merupakan kondisi terjadinya penurunan kemampuan otak pada seseorang yang disebabkan oleh bakteri porphyromonas gingivalis. Bakteri tersebut muncul karena kesehatan gigi yang buruk. Infeksi pada gigi akan masuk ke aliran darah sehingga menyebabkan peradangan dan kerusakan neuron pada otak yang memungkinkan seseorang mengalami hilang ingatan.

  1. Abses otak

Abses otak yaitu suatu kondisi terbungkusnya kumpulan nanah oleh suatu kapsul di dalam jaringan otak yang disebabkan infeksi jamur atau bakteri. Kondisi ini dapat terjadi apabila anda malas menggosok gigi.

  1. Selulit wajah

Selulit wajah terjadi karena kulit mengalami infeksi bakteri yang disebabkan karena malas menggosok gigi.

  1. Mediastinitis

Malas menggosok gigi akan memicu terjadinya mediastinitis. Mediastinitis yaitu suatu peradangan yang terjadi pada bagian mediastinum-rongga di antara paru-paru kanan dan kiri yang berisi jantung, pembuluh darah besar, kerongkongan dan organ penting lainnya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here