Anda Hamil? Mulailah Rencanakan Hal-hal Ini!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda positif hamil? Jika ya, pastinya rasa bahagia membuncah pada diri Anda, bukan? Meski dihinggapi suka cita, jangan lupakan berbagai hal yang harus dilakukan oleh seorang ibu hamil. Apa saja itu?

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah bersyukur kepada Sang Ilahi karena telah dikaruniai anugerah yang sungguh luar biasa.
  • Untuk persiapan fisik, mulai sekarang jaga stamina Anda. Jangan terlalu lelah, namun juga jangan terlalu malas bergerak.
  • Siapkan daftar to-do list yang nantinya akan berisikan hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan.
  • Siapkan pos pengeluaran lebih besar daripada sebelumnya. Hampir dipastikan, daftar pengeluaran akan membengkak begitu Anda dinyatakan positif hamil.
  • Carilah informasi sebanyak mungkin yang up-to-date dari berbagai sumber tentang kehamilan. Buku, internet, atau kini aplikasi seputar kehamilan makin mudah didapat.
  • Bergabunglah dengan komunitas. Tak ada salahnya Anda juga bergabung dengan komunitas ibu hamil atau ayah-bunda untuk memperluas wawasan dan pergaulan Anda.
  • Mulai carilah calon dokter kandungan Anda dan rutinlah memeriksakan kandungan, misalnya setiap bulan.
  • Perhatikanlah asupan makanan. Saat hamil, ibu harus cerdas memilih makanan. Pada trimester pertama, misalnya, selain perlu protein, lemak, dan karbohidrat, Anda juga perlu vitamin dan mineral. Zat-zat ini sangat dibutuhkan untuk melancarkan metabolisme. Vitamin B kompleks, zat besi (F3), dan Seng, contohnya, diperlukan tubuh agar dapat memanfaatkan protein sebagai zat pembangun sel-sel tubuh. Jangan takut gemuk karena jika tidak ada penambahan berat badan yang sesuai selama kehamilan akan bersisiko pada bayi, yakni lahir prematur atau berat badan lahir rendah (BBLR). Di samping asupan yang wajib dikonsumsi, ada pula hal-hal lainnya yang perlu dihindari selama kehamilan. Beberapa hal yang harus Anda hindari adalah melupakan sarapan, makan tidak teratur, mengonsumsi makanan berpengawet dan sebagainya.
  • Tukarlah produk kecantikan yang berbahaya. Tristen Markey, peneliti senior dari Environmental Working Group (EWG), menyarankan ibu hamil memeriksa lagi label kosmetiknya. Beberapa produk kosmetik, contohnya, ada yang mengandung phthalate. Ini adalah senyawa kimia bahan plastik yang dapat mengganggu sistem reproduksi.
  • Persiapkan diri Anda menghadapi berbagai hal yang ‘menderita’ di masa kehamilan. Setiap kehamilan memiliki gejala berbeda, ada yang mual tiap pagi, payudara membengkak, sering buang air kecil, mudah lelah, emosi tidak stabil, dan gejala kehamilan lainnya. Semua kondisi tersebut adalah normal sehingga tidak perlu panik.
  • Ikuti selalu perkembangan janin. Perubahan-perubahan yang terjadi pada Anda dan janin harus selalu dipantau melalui beberapa cara, seperti melihat gerakan bayi dalam perut menggunakan alat medis, yaitu USG.
  • Ajak janin Anda ‘berinteraksi’ setiap hari, misalnya dengan membaca atau mengusap perut Anda. Setiap gerakan yang dibuat olehnya memberi tanda dia nyaman di dalam sana.
  • Buat list toko perlengkapan bayi. Ada baiknya Anda melakukan survei dan membuat list toko atau online shop yang menjual kebutuhan bayi. Dengan begitu Anda bisa membandingkan harga yang mereka tawarkan. Anda juga bisa melirik keperluan bayi milik saudara yang sudah tidak dipakai, namun kondisinya masih layak, seperti boks bayi atau stroller.
  • Pilah-pilih nama. Kumpulkan nama unik dengan arti yang baik untuk tabungan nama calon bayi. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here