Aneka Macam Minyak Goreng dan Kegunaannya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memasak merupakan aktivitas yang wajib ada di keseharian para ibu-ibu. Untuk memasak, ibu- ibu membutuhkan banyak bahan dan bumbu. Mulai dari daging, sayuran, tempe, telur, bawang merah dan bawang putih. Dan bahan yang tidak kalah penting adalah minyak goreng.

Minyak goreng termasuk penting, karena jika memasak dengan minyak goreng akan membuat makan menjadi lebih lezat. Tidak mungkin bukan ibu akan memasak suatu bahan makanan hanya dengan di rebus. Hal itu dapat membosankan, sehingga perlu makanan yang di tumis atau digoreng menggunakan minyak goreng.

Berbicara tentang minyak goreng, ternyata sangat banyak macamnya atau lebih dari satu. Mungkin bagi ibu-ibu sudah mengetahui berbagai macam minyak karena sering memasak. Tetapi bagi ibu-ibu muda yang baru menikah atau anak gadis yang sedang belajar memasak kebanyakan dari mereka belum mengetahui semua macam dari minyak goreng. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan berbagai macam minyak goreng beserta kegunaannya:

  1. Minyak kelapa sawit

Seperti namanya, minyak ini terbuat dari buah kelapa sawit. Minyak kelapa sawit cenderung berwarna kemerahan karena mengandung antioksidan tinggi yaitu beta karoten. Minyak jenis ini mengandung asam lemak jenuh palminat dan miristat. Minyak kelapa sawit ini memiliki kegunaan yang bagus untuk menumis dan menggoreng serta sebagai salad oil.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa ini memiliki kemiripan dengan minyak kelapa sawit pada titik asapnya. Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang dapat membuat keadaan stabil pada saat digunakan untuk menggoreng. Oleh karena itu hasil gorengan dari minyak kelapa lebih gurih dan renyah. Kegunaan dari minyak kelapa untuk menumis dan menggoreng.

  1. Minyak wijen

Berbeda dengan minyak kelapa, minyak wijen ini memiliki titik asap yang tinggi. Minyak wijen terbuat dari perasan biji wijin. Karena jarang digunakan untuk menggoreng dan menumis. Minyak wijen ini memiliki kegunaan sebagai salad oil.

  1. Minyak zaitun

Di indonesia minyak wijen jarang digunakan untuk memasak. Tetapi di korea hampir semua masakan menggunakan minyak zaitun. Minyak ini terbuat dari buah zaitun yang tidak hanya berguna untuk menggoreng dan menumis, tapi juga digunakan untuk kecantikan.

  1. Minyak samin

Minyak samin dibuat dari lemak hewani seperti sapi dan kambing yang mengalami proses pemurnian. Kegunaan dari minyak samin untuk menggoreng.

  1. Minyak kacang kedelai

Mungkin yang anda tahu kedelai hanya bisa dibuat menjadi tempe atau susu. Tetapi ternyata ada juga minyak kacang kedelai. Sebaiknya minyak kacang kedelai ini digunakan untuk salad oil, jika ingin menumis dengan minyak ini, gunakan api yang kecil.

  1. Minyak canola

Karena titik asapnya yang tinggi. Minyak kanola sebaiknya digunakan untuk menyajikan salat atau sebagai salad oil dan juga untuk memasak. Minyak canola ini rendah lemak. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here