Aneurisma

Aneurisma adalah tonjolan atau gelembung pada pembuluh darah. Anda mungkin memiliki salah satu dari beberapa jenis aneurisma seperti:

  • Aneurisma aorta, merupakan aneurisma yang terdapat pada pembuluh darah yang berukuran selang taman (aorta). Aorta membawa darah dari jantung ke organ vital. Aneurisma dapat terjadi tanpa disadari meskipun tonjolan sudah membesar. Namun, aneurisma dapat meledak (pecah) atau membelah sehingga menyebabkan perdarahan internal dan yang paling fatal adalah kematian. Aneurisma aorta perut terbentuk di sepanjang aorta di bagian yang melewati perut Anda. Aneurisma aorta thoracic terbentuk di sepanjang aorta di bagian yang melewati daerah dada. Aneurisma aorta thoracoabdominal terbentuk di sepanjang bagian dari aorta antara daerah dada dan perut.
  • Anuerisma otak, merupakan aneurisma yang terjadi pada pembuluh darah yagn berkaitan dengan otak, biasanya pada titik-titik arteri bercabang. Area yang lemah membentuk kantung kecil atau gelembung yang berisi darah. Aneurisma otak bisa pecah dan menyebabkan perdarahan ke dalam otak sehingga menyebabkan pendarahan subarachnoid. Aneurisma otak yang kecil, kecil kemungkinannya untuk pecah. Dokter akan mengkaji ukuran, lokasi dan tampilan aneurisma untuk mengklarifikasi kemungkinan pecahnya aneurisma. Riwayat keluarga dan medis juga bisa membantu menjelaskan risiko pecahnya aneurisma. Dokter kemudian akan membandingkan risiko tersebut dengan risiko pengobatan dan memutuskan cara terbaik untuk mengobati aneurisma.
  • Aneurisma perifer, merupakan bentuk aneurisma perifer pada pembuluh darah lain di dalam tubuh seperti pada arteri di kaki, selangkangan dan leher.