Anoreksia Seksual? Jangan Cemas, Pelajari Penanganannya!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anoreksia diambil dari Bahasa Yunani yaitu tidak nafsu makan, lalu apa hubungannya dengan anoreksia seksual? Anoreksia seksual merupakan kondisi dimana seseorang tidak bernafsu pada kehidupan seksual mereka. Mereka tidak membenci seks, akan tetapi tidak ingin terlibat dalam kegiatan seksual dengan pasangan. Hal ini tentu membuat penderita anoreksia seksual tidak dapat menikah dan dikucilkan pada lingkungan setempat.

Umumnya penderita mengalami frigid atau sikap dingin diranjang. Hal ini disebabkan akibat trauma pada kegiatan seks yang tidak diinginkan seperti, pemerkosaan, pernikahan yang dipaksakan dan sebab lainnya. Banyak pengidap anoreksia seksual yang tidak diketahui oleh publik, biasanya mereka menutupinya dengan bekerja terlalu keras agar terhindar dari kegiatan seksual, makan banyak agar tidak menarik bagi lawan jenis dan cara-cara lainnya yang sulit terdeteksi.

Lalu bagaimana cara penanganan untuk penderita anoreksia seksual?

  1. Pengobatan Psikis

Terapi psikis ini berpengaruh terhadap penderita anoreksia dikarenakan pengidap penyakit ini biasanya diakibatkan karena trauma, penolakan hubungan, konsumsi obat-obatan serta kecanduan blue film. Hal ini akan membuat keberadaan psikolog menjadi sangat berguna untuk mereka. Pengidap penyakit ini akan diberikan beberapa terapi seperti, bagaimana menjalani sebuah hubungan dan beberapa jenis terapi seks untuk pengidap anoreksia. Selain itu, mereka juga akan diberikan pengertian bahwa seks itu tidak menyakiti dan tidak berbahaya.

  1. Pengobatan Fisik

Dokter kelamin merupakan salah satu orang yang dapat menyembuhkan penyakit anoreksia seksual. Pada saat penanganan, dokter biasanya akan memberikan terapi hormon, metode ini cukup efektif dilakukan pada beberapa orang walaupun bukan satu-satunya penyembuhan. Biasanya orang yang mengalami penurunan hasrat seksual diakibatkan rendahnya hormon estrogen atau testoteron dan akan disembuhkan melalui penggantian hormon estrogen. Metode ini cukup ampuh untuk beberapa pria yang mengalami disfungsi seksual dengan gairah seks rendah. Pada wanita, dapat dilakukan pula penggantian hormon untuk mengobati keinginan seks rendah dan meningkatkan libido seksual yang diakibatkan karena menopause. Penyembuhan anoreksia seksual juga dapat dengan diberikannya obat atas anjuran dokter.

Selain memikirkan penanganannya, ada baiknya juga melakukan pencegahan terhadap anoreksia seksual, karena dapat memperburuk hubungan antar pasangan. Adapun pencegahannya dapat dilakukan dengan cara:

  1. Meningkatkan kepercayaan bahwa seks adalah kebutuhan dan meyakini bahwa hubungan seksual tidak menyakitkan.
  2. Membangun hubungan yang serius dengan pasangan.
  3. Berani berkata “tidak” apabila belum siap melakukan kegiatan seksual, karena apabila dilakukan dengan terpaksa. Maka akan timbul rasa sakit.

4. Rajin konseling pada psikiater atau kontrol ke dokter mengenai hubungan seksual.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY