Antibiotik untuk Penyakit Seksual Klamidia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Klamidia adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis. Walaupun Anda mungkin tidak merasa akrab dengan namanya dan bahkan tidak tahu bahwa klamidia dapat menular, klamidia adalah salah satu penyakit menular seksual paling umum. Karena sering tidak terlihat adanya gejala, banyak orang yang menderita penyakit ini dan tidak mengetahuinya.

Penularannya sangat mudah terjadi karena klamidia seringkali tidak menimbulkan gejala apapun dan dengan demikian baik orang yang terinfeksi maupun pasangannya tidak mengetahui bahwa mereka terinfeksi. Bahkan sekitar 75% wanita dan 50% pria terinfeksi penyakit ini tanpa mengalami gejala apapun. Salah satu penularannya adalah melalui hubungan seksual.

Untuk pengobatan klamidia biasanya dokter akan meresepkan antibiotik kepada penderita klamidia. Antibiotik yang digunakan untuk mengobati klamidia antara lain:

  1. Azithromycin

Azithromycin adalah obat antibiotik golongan makrolida yang diresepkan dokter untuk mengobati penyakit infeksi akibat bakteri seperti klamidia ini. Azithromycin termasuk antibiotik yang umum dokter sarankan untuk penyembuhan klamidia. Dosis yang diberikan yaitu dosis tunggal per hari. Di apotek Azithromycin tersedia dalam bentuk tablet, kapsul syrup dan cairan injeksi.

  1. Doxycycline

Doxycycline adalah antibiotik kedua yang paling umum disarankan oleh dokter. Doxycycline termasuk dalam golongan antibiotik tetrasiklin. Dokter akan memberikan resep kepada anda sebanyak 2 kapsul per hari selama seminggu. Seperti Azithromycin, Doxycycline juga tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, sirup dan cairan injeksi.

  1. Ofloxacin

Ofloxacin tergolong dalam antibiotik kuinolon. Untuk ofloxacin biasanya dosis yang digunakan lebih kecil yaitu untuk penggunaan selama 2 mingguan. Jika anda sedang hamil maka tidak boleh mengonsumsi antibiotik ini. Ofloxacin tersedia dalam bentuk tablet.

  1. Erythromycin

Erythromycin adalah antibiotik golongan makrolida. Untuk ibu yang sedang hamil atau menyusuo jika akan mengonsumsi antibiotik jenis ini maka sesuaikan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Di apotek Erythromycin tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan cairan yang diminum.

  1. Amoxicillin

Amoxicillin termasuk dalam jenis antibiotik penisilin yang berfungsi untuk mengatasi berbagai jenis bakteri. Jika anda alergi terhadap penisilin sebaiknya beritahu dokter sehingga dokter tidak meresepkannya pada anda. Amoxicillin tersedia dalam bentuk kapsul, cairan oral, bubuk dan suntik.

Itulah macam-macam antibiotik yang digunakan untuk pengobatan penyakit klamidia dengan berbagai efek dan manfaatnya. Untuk penggunaan antibiotik dalam pengobatan klamidia sebaiknya konsultasikan dengan dokter sehingga dokter akan menyarankan antibiotik yang cocok dan aman untuk anda. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here