Antioksidan Untuk Pendengaran Sehat

SehatFresh.com – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu dan mempertahankan pendengaran yang sehat, seperti melindungi telinga dari polusi suara, mendengarkan musik dengan volume rendah, dan melakukan pemeriksaan telinga rutin. Selain semua hal itu, gizi juga memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan pendengaran. Mengonsumsi makanan bernutrisi, secara khusus antioksidan, dapat membantu mengimbangi sejumlah kerugian dari gejala rusaknya pendengaran yang timbul secara alami melalui penuaan.

Sebuah penelitian di Australia yang dipublikasikan dalam “Journal of Nutrition”, telah menunjukkan bahwa diet tinggi gula dan karbohidrat memberi dampak yang merugikan bagi pendengaran. Sebuah studi serupa juga menunjukkan bahwa diet tinggi kolesterol juga berkontribusi terhadap gangguan pendengaran yang biasanya dikaitkan dengan penuaan. Oleh karenanya, mengurangi makanan yang kaya gula dan kolesterol akan menjadi awal yang baik sebagai upaya mempertahankan pendengaran yang sehat.

Menurut beberapa penelitian, kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12 dan asam folat dapat mengganggu pendengaran sebanyak 39%, sementara meningkatkan nutrisi ini, dapat melindungi pendengaran sebanyak 20%. Kekurangan asam folat secara khusus telah dikaitkan dengan gangguan pendengaran frekuensi tinggi. Kekurangan asam folat dan vitamin B12 memberi dampak buruk bagi pendengaran karena rusaknya sistem saraf dan pembuluh darah dan bahkan mungkin merusak lapisan atas saraf koklea. Kerusakan ini sebagian besar disebabkan radikal bebas. Antioksidan seperti yang diperoleh dari vitamin B12, asam folat, asam lemak omega-3, dan vitamin A adalah beberapa nutrisi membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas ada dimana-mana dan tidak dapat dihindari, dan dampak akibatnya akan semakin buruk jika tubuh kekurangan dan tidak bisa menangani stres dengan baik. Radikal bebas merusak banyak bagian tubuh, sehingga memerangi kehadirannya dengan antioksidan tidak hanya akan melindungi mendengar tetapi juga membawa banyak manfaat sehat lainnya. Diet kaya antioksidan juga dapat membantu melawan ototoxicity, yaitu kerusakan akibat beberapa obat seperti yang digunakan untuk depresi dan kanker, yang bisa berdampak pada telinga bagian dalam.

Antioksidan ditemukan dalam jumlah tinggi dalam sayuran hijau dan buah-buahan. Meningkatkan konsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu mempertahankan fungsi dengar dan melawan efek radikal bebas pada seluruh tubuh. Memastikan nutrisi yang tepat untuk melindungi dan mempertahankan pendengaran akan sangat baik bila dilakukan dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan pendengaran ke dokter THT.

Sumber gambar : elitespringbedmattress.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY