Anus Gatal

Anus gatal atau pruritus ani adalah kondisi dimana Anda merasakan rasa gatal di anus atau kulit sekitar anus. Kondisi ini dapat terjadi secara intens dan diikuti rasa ingin menggaruk. Anda mungkin menganggap kondisi ini merupakan hal yang memalukan dan sangat tidak nyaman. Anus gatal dapat disebabkan oleh masalah kulit dan wasir. Jika anus gatal yang Anda alami bersifat persisten, maka Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Pengobatan dan perawatan diri yang tepat dapat menghilangkan gejala anus gatal.

Gejala

Anus gatal dikaitkan dengan rasa panas dan rasa sakit di anus. Rasa gatal dan iritasi mungkin bersifat sementara atau lebih persisten bergantung pada penyebabnya.

Haruskah ke dokter?

Biasanya anus gatal tidak memerlukan perawatan medis. Namun, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika:

  • Anus gatal semakin memburuk dan berlangsung lebih dari 1 atau 2 bulan.
  • Adanya darah dari rektum.
  • Anda tidak mengetahui penyebab rasa gatal yang persisten.
  • Anus gatal persisten mungkin dikaitkan dengan kondisi kulit atau masalah kesehatan lain yang memerlukan perawatan medis.

Penyebab

  • Iritasi kulit: Gesekan dan kelembaban dapat mengiritasi kulit yang sensitif di area anus sehingga menimbulkan rasa gatal di area anus. Pewangi, pewarna dan pelembut yang ada dalam produk sabun atau tisu toilet juga dapat memicu iritasi dan rasa gatal pada anus dan penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan masalah baru.
  • Masalah pencernaan: Buang air besar berulang karena diare dapat menimbulkan iritasi dan rasa gatal pada anus.
  • Wasir: Wasir adalah kondisi pembesaran pembuluh darah yang terletak tepat di bawah membran yang melapisi bagian terendah dari rektum dan anus. Wasir sering terjadi sebagai akibat dari mengejan saat buang air besar. Anus gatal dapat menjadi gejala dari wasir.
  • Infeksi: Infeksi seksual menular juga dapat melibatkan anus dan dapat menyebabkan anus gatal. Pada anak-anak, parasit yang menyebabkan cacing kremi dapat menyebabkan anus gatal persisten. Orang dewasa juga dapat terinfeksi dan parasit lain dapat menyebabkan gatal-gatal yang sama. Infeksi jamur yang biasanya mempengaruhi wanita juga dapat menyebabkan gatal-gatal di daerah anus.
  • Penyakit kulit: Anus gatal bisa jadi disebabkan oleh penyakit kulit tertentu seperti psoriasis atau dermatitis kontak.
  • Tumor anus: Meskipun jarang terjadi, tumor jinak atau kanker di sekitar anus dapat menyebabkan anus gatal.

Tes dan diagnosa

Dokter mungkin mendiagnosa penyebab anus gatal secara sederhana dengan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai gejala yang Anda alami. Jika penyebab rasa gatal tidak jelas, dokter merujuk Anda ke dokter spesialis kulit (dermatologist) atau spesialis masalah anus (proctologist) untuk evaluasi lebih lanjut. Pemeriksaan anus mungkin dapat memberikan jawaban mengenai masalah anus gatal yang Anda alami. Tes lain seperti proctoscopy atau colonoscopy mungkin dilakukan untuk melihat kondisi sistem pencernaan agar kondisi mendasar penyebab anus gatal dapat teridentifikasi.

Perawatan dan pengobatan

Pengobatan anus gatal disesuaikan dengan masalah yang mendasarinya. Pengobatan mungkin melibatkan perawatan diri, perubahan pola makan, pengobatan infeksi dan bahkan operasi untuk memperbaiki masalah mendasar yang serius.

Obat-obatan yang membantu meredakan gejala anus gatal antara lain:

  • Krim atau salep bebas yang mengandung hydrocortisone (Cortaid, Preparation H Anti-Itch Cream)
  • Salep yang mengandung zinc oxide (Desitin, Balmex)
  • Antihistimine, dokter mungkin merekomendasikan resep obat antihistamine untuk mengurangi rasa gatal hingga pengobatan topikal menimbulkan efek
  • Perawatan anti-parasit: Beberapa obat tersedia untuk pengobatan infeksi cacing. Dosis tunggal dapat mengobati infeksi tapi dosis kedua mungkin diberikan satu atau dua minggu kemudian.

Dengan pengobatan yang tepat, banyak orang merasa membaik kurang dari satu minggu. Anus gatal yang berlanjut lebih dari 2 bulan perlu dievaluasi oleh dokter.

Gaya hidup dan perawatan di rumah

Mencuci dengan benar dan menghindari iritasi dapat mencegah anus gatal. Jika Anda telah mengalami anus gatal, cobalah langkah-lankah perawatan berikut ini:

  • Bersihkandengan lembut: Segeracuci areasetelahbuang air besar. Janganmenggosokdanhindari penggunaansabun. Gunakan kain basah atau kertas toilet tanpa parfum untuk membersihkandaerah tersebut.
  • Keringkan dengan benar: Setelahpembersihan, tepukkeringdaerahdengankertas toiletatauhanduk untuk mengeringkan daerah.
  • Jangan menggaruk: Garukan dapat menyebabkan iritasi pada kulitdanmenyebabkanperadanganpersisten. Jika Andatidak bisa mentolerirgatal, aplikasikan kompres dinginke daerahatau mandidengan air hangat untuk mengurangi rasa gatal.
  • Kenakanpakaian katundan pakaianlonggar: Hal ini membantumenjagadaerahagar tetap kering. Hindaripemakaian stoking dan pakaian ketat lainnya karena hal tersebut dapat menjebak kelembaban.
  • Kurangiatauhindari minumansepertikopi ataucola, danmakananyang Anda tahudapat menyebabkandiare. Jangan terlalu sering menggunakan obat pencahar.
  • Jika Anda mengalami masalah tinja lunak dan sering buang air besar, Anda perlu memperbanyak makanan kaya serat secara bertahap. Suplemen serat seperti Metamucil atau Citrucel juga dapat membantu masalah tersebut.