Apa Definisi dan Pemahaman Kemandulan atau Infertilitas Sekunder?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Informasi mengenai infertilitas atau kemandulan, memang sangat menarik untuk dibahas. Infertilitas terbagi menjadi dua jenis, yakni infertilitas primer dan infertilitas sekunder. Lantas apa definisi dari infertilitas sekunder?

Perbedaan infertilitas primer dan sekunder

Fertiltas dapat diartikan sebagai kemampuan seorang istri untuk hamil serta melahirkan bayi hidup. Sementara infertilitas dapat diartikan sebagai ketidakmampuan seorang isteri untuk hamil serta melahirkan bayi hidup, termasuk situasi dimana suami tidak mampu menghamilinya.

Infertilitas primer dapat diartikan sebuah kondisi isteri yang belum bisa hamil, meskipun telah melakukan hubungan seksual secara teratur. Sementara infertilitas sekunder dapat diartikan sebagai kondisi istri yang pernah hamil, namun tidak bisa hamil lagi meskipun telah melakukan hubungan seksual secara teratur.

Jadi inti perbedaan infertilitas primer dan sekunder terletak pada ketidakmampuan istri untuk hamil perdana dan kedua. Pada infertilitas primer istri dari awal tidak mampu hamil, sedangkan pada infertilitas sekunder istri pernah hamil namun kemudian sulit mencapai kehamilan lagi.

Penyebab infertilitas sekunder

Infertilitas sekunder dapat disebabkan oleh berbagai gangguan. Ganguan yang dimaksud antara lain ovulasi (keluarnya telur pada wanita), endometriosis (munculnya jaringan kelenjar rahim), endometrium (di luar rahim), serta infeksi. Penyebab lain yang juga mempengaruhi infertilitas sekunder antara lain berat badan istri yang meningkat, pola makanan yang kurang sehat, hingga kualitas sperma suami yang mengalami penurunan.

Suami istri harus segera mencarikan solusi atas gangguan-gangguan yang menyebabkan infertilitas sekunder. Misalnya saja gangguan pada ovulasi dan endometriosis, bisa diatasi dengan memberikan obat atau suntikan hormon. Gangguan yang disebabkan infeksi bisa diatasi dengan memberikan antibiotik.

Gangguan yang disebabkan meningkatnya berat badan istri, bisa diatasi dengan mengubah gaya hidup agar lebih sehat. Sementara gangguan menurunnya kualitas sperma pada suami bisa diatasi dengan penyuntikan hormon, obat, atau mengkonsumsi makanan-makanan tertentu.

Langkah mengatasi infertilitas sekunder

Suami dan istri harus segera berkonsultasikan dengan dokter, apabila merasa memiliki tanda-tanda infertilitas sekunder. Selanjutnya suami dan istri akan disarankan melakukan test darah guna mengukur kadar senyawa yang berhubungan dengan kondisi kesuburan.

Kemudian pemeriksaan medis akan dilakukan untuk mengetahui sumbatan, gangguan, kelainan, hingga kerusakaan pada organ reproduksi. Pemeriksaan tambahan juga dilakukan untuk mendukung hasil tes darah agar lebih spesifik.

Selain akan mendapatkan penanganan medis, suami istri juga disarankan untuk menjaga gaya hidup yang baik. Pola makan yang sehat juga diajurkan guna membantu dalam meningkatkan kesuburan.

Beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu menyeimbangkan hormon antara lain:

  1. Kayu manis yang dapat memperbaiki insulin serta membantu meningkatkan ovulasi.
  2. Alpukat yang mengandungan lemak tidak jenuh untuk meningkatkan kesuburan.
  3. Telur yang mampu membantu kualitas kesuburan wanita.
  4. Biji bunga matahari yang memilikimanfaat untuk kesuburan wanita. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here