Apa Itu Asam Amino dan Fungsi Asam Amino Bagi Tubuh?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apa itu asam amino? Asam amino merupakah bahan penyusun protein, bahan yang diperlukan untuk pertumbuhan manusia. Asam amino mengandung gugus amino dasar dan kelompok karboksil. Bahan yang hadir dalam protein adalah asam amino. Peptida dan protein adalah rantai panjang asam amino. Ciri-ciri dari asam amino yaitu zat kristal padat, memiliki titik leleh yang sangat tinggi dibandingkan dengan titik didih dan Asam amino yang larut dalam air dan tidak larut dalam larutan hidrokarbon.

Bisa dikatakan, protein dari makanan yang Anda makan itu adalah kumpulan dari beberapa asam amino. Sebagai bentuk paling sederhana dari protein, bentuk asam amino inilah yang nantinya bisa diserap oleh tubuh dan menjalankan fungsinya dengan baik. Bagaimana protein diolah dalam tubuh sehingga menjadi asam amino?

Pengolahan protein biasanya sudah terjadi sejak makanan belum dimakan, yakni saat dimasak. Memasak membantu melembutkan jaringan ikat pada daging. Kondisi ini akan membantu makanan lebih mudah dikunyah selama pencernaan di dalam tubuh. Ketika Anda makan, sumber protein (misalnya daging ayam) pertama kali dihancurkan oleh gigi dan masuk ke dalam lambung. Saat masuk ke lambung, lambung akan merespon dengan pengeluaran asam lambung yang diikuti oleh pengeluaran enzim yang bernama pepsin.

Pepsin akan mulai memecah protein menjadi lebih sederhana tapi tidak sepenuhnya memisahkan seluruh protein jadi asam amino di fase ini. Hanya beberapa ikatan peptida dalam protein yang dipecah. Selanjutnya, makanan dari lambung yang sudah menjadi bentuk yang disebut chyme ini dialirkan keluar dari lambung menuju usus 12 jari.

Saat memasuki usus 12 jari, chyme akan memicu organ pankreas untuk mengeluarkan enzim berikutnya. Ada beberapa enzim yang dikeluarkan yakni tripsin, carboxypeptidase dan chimotrypsin. Ketiga enzim ini akan membantu menghancurkan protein lebih sederhana lagi hingga berbentuk asam amino. Asam amino ini di usus akhirnya bisa diserap ke sel-sel usus. Asam amino kemudian di bawah ke hati melalui aliran darah vena porta. Dari hati asam amino akan disalurkan ke seluruh sel-sel di tubuh yang membutuhkan asam amino. Dari sinilah asam amino akan digunakan selanjutnya untuk segala kebutuhan dalam tubuh.

Fungsi asam amino?

  1. Memperbaiki jaringan tubuh
  2. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  3. Membentuk hormon (Contohnya,  hormon tiroid dan insulin).
  4. Membantu segala proses pertumbuhan dalam tubuh
  5. Menjaga suasana asam basa di dalam tubuh
  6. Membentuk sistem kekebalan tubuh. Antibodi adalah kunci dalam sistem imun. Asam amino membuat antibodi tubuh untuk menyerang sel target yang dianggap asing masuk ke dalam tubuh.
  7. Membentuk neurotransmitter. Neurotransmiter adalah senyawa kimia di otak yang membantu mengirim sinyal di antara sel-sel saraf di otak. Nerotransmitter yang dibentuk contohnya bernama dopamin, norepinephrine dan serotonin.

Membentuk enzim. Enzim adalah sebuah molekul dari protein yang berfungsi sebagai katalis. Dengan ada katalis, segala proses reaksi kimia di dalam tubuh akan cerjalan lebih cepat dan efektif. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here