Apa Itu Lethargy?

SehatFresh.com – Lethargy adalah gejala yang menyebabkan rasa mengantuk, lelah dan lamban. Kelambanan ini bisa terkait dengan gerakan atau dalam hal berpikir. Karena, lethargy dapat berhubungan dengan kondisi fisik atau mental yang mendasari. Perubahan mood, kelelahan, energi rendah, kelesuan dan penurunan kewaspadaan merupakan beberapa gejala terkait lethargy. Orang dengan lethargy mungkin tampak linglung dan bergerak lebih lamban dari biasanya.

Sejumlah penyakit fisik dan mental telah dikaitkan dengan lethargy. Kondisi medis fisik yang menyebabkan lethargy meliputi dehidrasi, hipertiroidisme, hipotiroidisme, penyakit ginjal, meningitis, sleep apnea, gizi buruk dan stroke. Sementara, kondisi mental yang berhubungan dengan lethargy adalah depresi mayor, depresi pasca melahirkan dan premenstrual syndrome (PMS).

Pengobatan untuk lethargy akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Dokter mungkin meresepkan obat untuk mengatasi infeksi atau meningkatkan hormon tiroid. Mereka mungkin meresepkan antidepresan jika depresi atau gangguan yang berhubungan dengan kesehatan mental adalah penyebabnya. Terlepas dari itu semua, penting juga untuk berlatih kebiasaan sehat di rumah untuk mengurangi gejala yang terkait dengan lethary. Ini meliputi cukup minum, makan makanan sehat, cukup tidur, mengendalikan stres dengan baik serta berolahraga secara teratur untuk tingkatkan kebugaran fisik.

Lethargy pada anak

Anak dengan lethargy seringkali dianggap sebagai anak yang pemalas oleh lingkungannya. Ini dikarenakan sang anak dalam kondisi yang tidak siap untuk belajar dan ini tentunya dapat membuatnya tertinggal dalam kegiatan belajar karena mereka cenderung kesulitan dalam mencerna pelajaran di sekolah. Menurut para ahli, cara untuk mengatasi ini adalah dengan menyajikan sarapan yang bergizi bagi anak.

Mengapa sarapan? Karena sarapan adalah asupan pertama di pagi hari yang akan menunjang energi untuk aktivitas, yang menyumbang energi 20 hingga 25 persen dari total keseluruhan energi yang dibutuhkan setiap hari. Untuk itu, pastikan anak mendapatkan sarapan pagi bernutrisi sebelum ia memulai aktivitasnya. Sarapan yang baik harus mencakup karbohidrat, serat, dan protein yang didapat dari beberapa sumber makanan. Dengan memberinya sarapan bernutrisi, maka anak menjadi lebih bertenaga, bersemangat dan berkonsentrasi dalam belajar sehingga ia lebih fokus mengikuti pelajaran di sekolah.

Lethargy dan kondisi medis darurat

Lethargy terus-menerus tanpa diagnosis yang jelas mungkin akibat dari sindrom kelelahan kronis, yang bisa bermula dari penyakit seperti flu dan seringkali tidak reda dengan istirahat. Ini juga bisa berkaitan dengan kondisi yang memerlukan perhatian medis darurat, terutama jika gejala datang tiba-tiba. Gejala tambahan yang memerlukan perhatian medis darurat meliputi nyeri dada, ketidakmampuan untuk memindahkan anggota badan pada satu sisi tubuh, detak jantung cepat, hilang kesadaran, sakit kepala parah, sesak napas dan disorientasi (tidak tahu tanggal, nama, atau lokasi).

Sumber gambar : penyakit-mu.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY