Apa Itu Program Diet Paleo?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dewasa ini siapa yang tidak menginginkan bentuk tubuh yang ideal, pasti semua memiliki impian tersebut. Jika laki-laki menginginkan tubuh yang kekar dan berkotak-kotak dibagian perutnya. Perempuan lebih menginginkan tubuh ramping dan perut yang kecil. Tetapi untuk mendapatkan hal tersebut ternyata tidak mudah, dibutuhkan beberapa usaha agar impian tersebut tercapai.

Salah satu usaha yang sering dilakukan selain berolahraga adalah melakukan diet. Akhir-akhir ini diet yang sedang populer dikalangan orang-orang adalah diet paleo. Meski terdengar asing sudah banyak orang yang menggunakan metode diet yang satu ini karena ampuh untuk program diet anda.

Diet paleo adalah suatu metode diet yang dasarnya diambil dari masa atau jaman purba, dimana masyarakat masih primitif dan menggunakan makanan yang bersumber dari alam. Meski diet ini dari zaman primitif, namun terbukti efektif untuk menurunkan berat badan dan badan anda akan tetap sehat. Diet paleo ini memiliki prinsip bact to nature yaitu kembali pada alam. Orang yang menjalankan diet paleo boleh makan apa saja yang tersedia di alam dan menghindari makanan olahan seperti fastfood atau junkfood.

Selain berguna untuk menurunkan berat badan anda, dalam beberapa uji klinis kesehatan mengungkapkan bahwa diet paleo dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, tekanan darah dan peradangan, serta mengurangi jerawat.

Mendegar asal dari diet paleo ini, yang anda bayangkan pada zaman dahulu mereka mencari makanan dengan memancing, berburu dan meramu. Tetapi anda tidak perlu khawatir, anda tidak perlu melakukan hal-hal tersebut dengan canggihnya zaman sekarang ini. Anda bisa saja membeli di supermarket atau di pasar tradisional dengan mudah.

Makanan dalam diet paleo yang dianjurkan seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian yang tentunya bebas dari pestisida dan fungisida, daging rendah lemak, ikan kaya asam lemak omega-3 (seperti salmon, makarel dan tuna), dan minyak yang berasal dari kacang-kacangan atau biji-bijian seperti minyak zaitun dan miyak walnut.

Makanan di atas merupakan makanan yang boleh dikonsumsi. Berikut makanan yang hendaknya dihindari saat anda melakukan diet paleo seperti aneka produk susu, kacang lentil, kacang polong, kacang tanah, kentang, gula, semua makanan kemasan, dan nasi putih.

Itulah yang dimaksud dengan diet paleo. Bagi anda yang memutuskan menggunakan diet ini, perlu diingat bahwa diet ini menganjurkan anda untuk tidak mengonsumsi minuman selain air putih, air kelapa dan teh hijau. Gula memang harus dihindari, jika ingin rasa manis anda bisa menambahkan madu asli pada minuman atau makanan anda dan tidak berlebihan. Seimbangkan juga diet anda dengan melakukan akitivitas fisik secara teratur. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here