Apa Saja Faktor Pemicu Stres dan Cara Mengatasi Stresnya?

Banyak pertanyaan masuk minggu lalu tentang bagaimana mengatasi stres dan bisakah stres disembuhkan? Kami berharap Sahabat Sehat tidak sedang mengalami kondisi psikis ini.

Stres adalah kondisi dimana tubuh tidak nyaman akibat beban pikiran terlalu banyak. Rasa penat muncul berkepanjangan hingga mengganggu kondisi mental dan kesehatan seseorang. Orang yang terindikasi stres menunjukkan ciri, seperti labil melakukan sesuatu dan kerja terburu-buru.

Ahli Kesehatan di Brawijaya Women and Children Hospital , dr Prima Progrestian memaparkan setidaknya ada lima faktor pemicu stres.

  1. Percintaan

Banyak remaja mengeluh stres karena sang kekasih, meski mereka seharusnya menikmati manisnya masa remaja. Orang dewasa yang sudah berkeluarga juga bisa stres jika kehidupan percintaannya mengalami konflik. Mereka akan merasa kepenatan hidup.

2. Pendidikan

Stres yang terjadi di lingkungan sekolah atau pendidikan disebut stres akademik. Siswa sering kali dituntut mengerjakan banyak tugas, menunjukkan prestasi, unggul dalam persaingan akademik. Mereka merasa terbebani berbagai macam tekanan dan tuntutan.

3. Ekonomi

Masyarakat negara berkembang yang berpendapatan ekonomi rendah dan kaum menengah ke bawah sering mengalami stres. Ketika penghasilan kecil, seseorang mengalami hambatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

4. Pekerjaan

Stres karena pekerjaan tak hanya disebabkan beban kerja atau kelelahan psikologis. Faktor lain seperti dikejar deadline, atasan yang menuntut hasil kerja sempurna, kesulitan mengimplementasian rencana kerja bisa memicu munculnya stres

5. Hubungan Sosial

Seseorang sering kali tertekan saat berinteraksi dengan lingkungan baru atau bertemu banyak orang. Anda harus berhadapan dengan seseorang yang menuntut Anda melakukan A, sementara hati Anda ingin melakukan B. Lingkungan menuntut Anda menjadi orang lain dan jiwa Anda pun berontak.

Ketidaksiapan seseorang menghadapi kemungkinan yang akan terjadi di hadapannya memengaruhi kadar stres. Semakin siap seseorang, kadar stresnya akan berkurang. Semakin tidak siap seseorang, kadar stresnya akan bertambah.

Lalu, bagaimana cara mengatasi stres? dr Prima memaparkan lima hal yang bisa dilakukan untuk melawan energi negatif ini.

  • Lakukan hobi Anda

Melakukan hal yang disenangi bisa mengubah suasana hati, seperti jalan-jalan atau mendaki gunung. Anda bisa bertualang ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

  • Lakukan yoga dan meditasi

Ahli kesehatan berpendapat meditasi mampu mengatasi stes,  membersihkan pikiran, dan meningkatkan konsentrasi. Meditasi selama 15 menit setara dengan istirahat satu jam. Praktik relaksasi ini cukup membantu meski hanya dilakukan dua menit.

  • Positive thingking

Anda sebaiknya tetap sabar meski orang lain membicarakan Anda di belakang. Mereka mungkin saja membahas skil menonjol yang tertanam dalam diri Anda, seperti disiplin ke kantor, tekun bekerja, bertindak dan berpikir cepat. Hal ini seharusnya membuat Anda termotivasi dan tidak stres.

  • Liburan

Akhir pekan menjadi waktu tepat untuk bersantai. Anda bisa mengajak kerabat, saudara, keluarga untuk jalan-jalan ke pantau atau ke tempat asik lainnya. Ciptakan akhir pekan seindah mungkin, sehingga stres hilang dalam sekejap.

  • Olah raga

Olah raga teratur sangat penting memerangi stres. Gerakan tubuh ini bisa memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah, serta menarik lebih banyak oksigen ke paru-paru. Hal ini membuat tidur lebih nyenyak dan lebih sehat.

Silakan kirimkan kembali pertanyaan Anda di rubik konsultasi kami.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY