Apa Saja Fungsi Kalori Nasi Putih Bagi Tubuh?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Nasi putih merupakan makanan pokok bagi rata-rata penduduk Indonesia. Karena makan apa saja pasti pakai nasi, sampai-sampai ada yang mengatakan “jika tidak makan nasi maka belum makan namanya”. Jadi, bisa kita lihat betapa pentingnya nasi bagi kita.

Terpilihnya nasi putih sebagai makanan pokok memang tidak salah karena nasi putih mengandung banyak nutrisi yang mana bermanfaat bagi tubuh kita. Nutrisi yang terkandung dalam nasi antara lain air, protein, lemak, karohidrat,serat, gula, mineral, vitamin dan kalori. Dari nutrisi tersebut yang cukup penting bagi tubuh yaitu kalori.

Kalori penting bagi tubuh karena akan memberikan energi pada tubuh anda sehingga dapat melakukan aktivitas dengan baik. Tak hanya memberikan energi atau tenaga untuk beraktivitas saja, ternyata kalori juga memiliki manfaat lainnya untuk tubuh meliputi:

  1. Melindungi dinding usus

Kalori yang anda dapatkan dari mengonsumsi nasi akan berfungsi menjaga kesehatan sistem pencernaan yaitu denga melindungi dinding usus. Kalori nasi putih dapat melindungi dinding usus karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah bakteri baik. Bakteri baik tersebut akan melindungi dinding usus anda.

  1. Mengendalikan diet anda

Jika anda makan nasi putih, kalori di dalamnya akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Dengan itu akan mengendalikan selera makan anda agar tidak terlalu banyak makan sehingga berat badan terjaga dan diet anda akan berhasil.

  1. Menurunkan risiko kanker saluran pencernaan

Satu lagi fungsi kalori nasi putih bagi sistem pencernaan yaitu kalori nasi putih dapat membantu anda terhindar dari kanker karena fungsinya yang mampu mengurangi risiko anda untuk terkena kanker saluran pencernaan.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Risiko penyakit jantung yang dapat anda hindari dari kalori nasi putih pada tubuh anda yaitu stroke dan juga serangan jantung. Selain penyaki jantung, kalori nasi putih juga berfungsi untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan mengurangi kolesterol.

Itulah fungsi dari kalori nasi putih bagi tubuh. Agar anda bisa mendapatkan fungsi kalori nasi putih secara seimbang maka anda harus mempertimbangkan jumlah atau takaran asupan nasi putih yang anda makan. Takaran porsi nasi putih yang dianjurka untuk satu kali sajian yaitu sabanyak 125 gram, sedangkan takaran hariannya yaitu sebanyak 750 gram atau 3 cangkir pada anak usia 2-6 tahun, perempuan dan lansia dengan kebutuhan kalori sebesar 1600. Agar lebih tepatnya, anda bisa menanyakan kepada ahli gizi agar kebutuhan gizi bagi tubuh anda bisa diketahui dengan tepat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here