Apa Saja Jenis Asam Amino Dalam Tubuh?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Asam amino adalah molekul atau senyawa bio organik, yang bergabung membentuk protein. Protein dan asam amino adalah bahan penyusun kehidupan. Mereka adalah senyawa organik yang penting secara biologis yang mengandung amino (-NH2) dan gugus karboksil (-COOH).

Asam amino juga bahan penyusun protein dan bahan yang diperlukan untuk pertumbuhan manusia. Asam amino mengandung gugus amino dasar serta kelompok karboksil. Peptida dan protein adalah rantai panjang asam amino dan asam amino dibagi menjadi tiga. Ketiganya yaitu asam amino esensial, asam amino non esensial dan asam amino conditional.

  1. Asam Amino Esensial

Yaitu asam amino yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, karena itu, harus diperoleh dari makanan. Contohnya antara lain, asam amino histidin, lisin, metionin, tryptophan, valine.

  • Histidin

Asam amino ini diperlukan pada saat pertumbuhan untuk memperbaiki jaringan tubuh dan mengubah kelebihan glukosa menjadi glikogen yang diproses didalam hati. Histidin dikonversi tubuh menjadi histamin yang merangsang pengeluaran asam lambung.

  • Lisin

Asam amino ini menghambat pertumbuhan virus. Bersama dengan vitamin C, A dan seng membantu mencegah infeksi.

  • Metionin

Metionin bekerja sama dengan vitamin B12 dan asam folat dalam membantu tubuh mengatur pasokan protein berlebihan dalam diet tinggi protein. Selain itu, fungsi penting lain metionin adalah membantu menyerap lemak dan kolesterol. Karena itu, metionin merupakan kunci kesehatan bagi hati yang berhubungan banyak dengan lemak. Defisiensi metionin dapat berakibat rematik kronis, pengerasan hati (sirosis) dan gangguan ginjal.

  • Tryptophan

Asam amino ini menjadi bahan untuk sintesa niasin (vitamin) di dalam tubuh. Fungsinya dalam proses pembekuan darah dan pembentukan cairan pencernaan.

  • Valine

Manfaat valin untuk membantu gangguan saraf otot, mental dan emosional,insomnia, dan keadaan gugup. Memacu koordinasi otot, membantu perbaikkan jaringan yang rusak, menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh.

  1. Asam Amino Non Esensial

Yaitu asam amino yang yang dapat diproduksi oleh tubuh jika tidak didapatkan dari makanan yang dimakan. Contohnya antara lain asam amino alanin, asparagine, asam glutamate.

  • Alanin

Dalam proses pembentukan glukosa dari protein, alanin berperan dalam daur alanin. Membantu tubuh mengembangkan daya tahan, merupakan salah satu kunci dari siklus glukosa alanin yang memungkinkan otot dan jaringan lain untuk mendapatkan energi dari asam amino.

  • Asparagine

Asparagin diperlukan oleh sistem saraf untuk menjaga kesetimbangan dan dalam transformasi asam amino. Ia berperan pula dalam sintesis amonia. Fungsi lain dari asparagin adalah memperlancar keluarnya air seni atau bersifat diuretic. Karena sifat ini, semua zat buangan dari dalam tubuh dapat ikut hanyut keluar melalui air seni.

  • Asam Glutamate

Merupakan bahan bakar utama sel-sel otak bersama glukosa. Mengurangi ketergantungan alkohol dan menstabilkan kesehatan mental. Ion glutamat merangsang beberapa tipe saraf yang ada di lidah manusia. Sifat ini dimanfaatkan dalam industri penyedap.

  1. Asam Amino Conditional

Yaitu kelompok asam amino yang bersyarat, dibutuhkan ketika sakit, terluka dan mengalami stres. Contohnya antara lain, glutamin, cystein, serine dan proline.

  • Glutamin

Glutamin berfungsi mencegah kerusakan mukosa dan memperbaiki kebocoran usus (leaky gut). Glutamin bekerja sebagai sumber metabolis untuk sel-sel sistem pertahanan tubuh (neutrofil, timosit, limfosit, makrofagus),sel-sel usus, otak, hati, ginjal, bahkan rambut dan yang terutama, sel otot anda (dalam sintesa protein).

  • Cystein

Sistein berpartisipasi dalam pembentukan hidrogen sulfida, asam piruvat dan amonia, pembentukan asam glutamat dan pembentukanurin.

  • Serine

Serin penting dalam metabolisme dan berpartisipasi dalam biosintesis purin dan pirimidin.  Serin memainkan peran penting dalam fungsi katalis beberapa enzim. Telah terbukti di lokasi aktif chymotrypsin, tripsin dan enzim lainnya.

  • Proline

Fungsi terpenting prolin tentunya adalah sebagai komponen protein.Sel tumbuh-tumbuhan tertentu yang terpapar kondisi lingkungan yang kurang cocok (misalnya kekeringan) akan menghasilkan prolin untuk menjaga keseimbangan osmotik sel. (KKM).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here