Apa Saja yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil pada Trimester Pertama Kehamilan?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Artikel ini akan membantu dan menjelaskan melalui trimester pertama SahabatSehat serta membuka jalan bagi sisa perjalanan kehamilan. Anda dapat mengikuti setiap poin atau gunakan daftar ini hanya sebagai panduan. Lakukan apa yang terasa tepat untuk diri Anda.

Apa saja yang perlu dilakukan ibu hamil pada trimester pertama? Tentunya hal ini membuat banyak ibu hamil bertanya-tanya. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan ibu hamil pada trimester pertama:

  • Memiliki Bidan dan Dokter Khusus untuk Konsultasi

Anda, harus memiliki dokter atau bidan khusus yang memantau dari awal kehamilan. Fasilitas kesehatan harus dimiliki selama trimester pertama kehamilan sehingga tonggak kesehatan ibu dan janin bisa dipastikan sejak awal. Konsultasi kesehatan sangat penting untuk mendeteksi kesehatan bayi dari awal hingga kelahiran.

  • Jangan merokok dan Minum alkohol

Merokok dapat menimbulkan masalah pada plasenta, kelahiran premature, dan mengganggu kesehatan janin. Minum alkohol juga bisa membuat berat badan bayi sangat rendah ketika hamil sehingga akan mengganggu kemampuan janin dan mebuatnya menjadi hiperaktivitas.

  • Mengkonsumsi Vitamin Prenatal

Pada trimester pertama, ibu hamil mengonsumsi vitamin prenatal secara rutin sehingga mendapat asupan asam folat yang baik sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan otak, sumsum tulang belakang.

  • Pola Makan yang Teratur dan Sehat

Pada trimester pertama, ibu hamil harus rutin dalam makan makanan yang sehat serta memiliki pola makan yang sangat sehat. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi nutrisi yang baik bagi tubuh seperti asam folat, zat besi, kalsium, zinc serta serat.

  • Olahraga untuk Ibu Hamil

Sebaiknya ibu hamil pada trimester pertama harus olahraga teratur yang sesuai dengan aturan yang dibutuhkan ibu hamil. Anda juga bisa menyempatkan waktu selama 30 menit untuk olahraga ringan per hari dalam seminggu.

  • Istirahat yang Cukup

Pada kehamilan ibu trimester pertama biasanya ibu akan lebih mudah lelah. Terjadi perubahan hormon dengan cara cepat sehingga harus istirahat yang cukup. Jauhkan gadget saat menjelang tidur sehingga tidak membuat diri menjadi lebih cepat lelah. Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan bagi ibu hamil sehingga membuat ibu hamil semakin sehat dan bugar setiap harinya.

  • Cermati Tes Genetik

Kehamilan trimester pertama biasanya dokter atau bidan akan memberikan tes skrining untuk menurunkan risiko bayi tidak mengalami Down syndrome atau cacat lahir dengan menjalani tes nuchal translucency (minggu 11-14 usia kehamilan). Ibu hamil akan direkomendasikan NIPT pada minggu kesembilan dengan lebih invasif.

  • Hindari Paparan Sinar Matahari

Sebaiknya Anda menghindari paparan sinar matahari secara langsung sehingga tidak membahayakan bagi ibu hamil. Sebaiknya juga terhindar dari buangan limbah industry, limbah rumah sakit dan lain sebagainya yang bisa membuat tubuh menjadi semakin lemah.

Demikian hal-hal yang perlu dilakukan ibu hamil pada trimester pertama saat kehamilan. Hal-hal ini sangat penting untuk membuat ibu hamil semakin sehat dan terjaga kondisinya hingga trimester berikutnya. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here