Apa sih Penyebab Bintik Putih pada Kuku?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tubuh manusia akan merespon dengan suatu tanda ketika ada sesuatu yang berubah. Salah satunya adalah titik putih pada kuku, yang tentu saja menunjukan ada sesuatu yang ‘tidak beres’ pada kesehatan. Lantas apa sebenarnya penyebab bintik putih pada kuku?

Mitos bintik putih pada kuku

Bintik putih pada kuku dapat membuat seseorang bingung, sebenarnya  apa yang menjadi penyebabnya. Hal itu karena banyak orang tidak menyadari, hingga tiba-tiba muncul bintik putih di kuku. Sebagian orang bahkan merasa khawatir, apabila bintik putih itu tidak lekas hilang meski sudah berbulan-bulan.

Tidak dipungkiri jika sebagian besar masyarakat Indonesia mengartikan bintik putih pada kuku sebagai tanda sedang ada seseorang yang membenci atau justru mengagumi orang tersebut. Tentu saja anggapan itu tidak bisa diterima secara ilmiah.

Bintik putih pada kuku adalah Leukonychia

Bintik putih umumnya ditemukan pada kuku tangan, dibandingkan jari kaki. Bintik putih pada kuku merupakan fenomena yang bernama Leukonychia. Meskipun terdengar agak asing, namun situasi tersebut tidaklah terlalu berbahaya. Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan bintik-bintik putih pada kuku?

Penyebab bintik-bintik putih pada kuku

Penyebab bintik-bintik putih pada kuku umumnya karena trauma ringan atau juga bisa terjadi pada kuku yang sedang mengalami pertumbuhan. Perkembangan kuku cenderung lambat. Seseorang mungkin tak menyadari ada cedera atau trauma yang terjadi, hingga akhirnya muncul bintik putih pada kuku.

Namun tak perlu risau apabila seseorang lupa dengan cedera yang mengakibatkan kuku mengalami trauma tersebut. Pada kenyataannya pertumbuhan kuku memang sangat lambat, sehingga luka pada kuku bisa saja terjadi sebelum bintik putih itu tampak.

Bintik putih di kuku juga dapat menjadi tanda infeksi ringan, alergi atau bahkan efek samping ari pengobatan tertentu. Ketika seseorang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, bisa saja memunculkan bintik-bintik putih pada kuku.

Apabila bintik-bintik putih hanya mucul pada satu atau dua kuku, maka seseorang tidak perlu khawatir. Namun bila bintik putih itu muncul begitu banyak, maka patut diwaspadai. Kondisi itu bisa menjadi pertanda bahwa gangguan yang cukup serius telah terjadi. Gangguan yang dimaksud bisa saja terkait penurunan fungsi ginjal, diabetes atau anemia.

Perlukah gangguan leukonychia ke dokter?

Seseorang yang mengalami leukonychia, apakah perlu memeriksakan diri ke dokter ? Seperti yang telah dipaparkan di atas, bila bintik putih hanya muncul di beberapa kuku maka tidak perlu khawatir. Hal tersebut mungkin hanyalah reaksi dari kuku yang mengalami trauma atau cedera.

Namun apabila bintik-bintik putih itu menyebar pada seluruh bagian kuku, maka sesuatu yang serius mungkin sedang terjadi. Alangkah baiknya jika segera memeriksakan diri ke dokter spesialis guna mengetahui lebih lanjut penyebab leukonychia tersebut. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here