Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Seseorang Berhenti Merokok

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Membicarakan mengenai rokok identik dengan kaum laki-laki. Pasalnya hampir 80% laki-laki memiliki suatu kebiasaan merokok dan jarang sekali menumukan laki-laki yang tidak merokok. Kebiasaan ini dilakukan apabila setelah makan, ngopi atau di waktu luang mereka. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika rokokpun menjadi sebuah kebiasaan bagi kaum perempuan.

Meskipun di dalam kemasan dan iklan banyak yang memberikan informasi mengenai bahaya dari rokok. Bahaya merokok tidak hanya beresiko pada pemakainya, tetapi rokok pun memiliki bahaya bagi orang-orang disekitarnya. Tentunya hal tersebut sangat di khawatirkan pada anak-anak. Banyak kasus kematian anak-anak yang disebabkan karena gangguan pernafasan yang dipengaruhi salah satunya efek dari rokok. Namun kebiasaan merokok itu tidak di hiraukan oleh pecandunya, sebab rokok mengandung bahan yang menjadikan pemakainya menjadi ketergantungan.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Seseorang Berhenti Merokok?

  1. Awal perbaikan

20 menit pertama ketika seseorang memilih untuk berhenti merokok detak jantung orang tersebut akan menurun secara perlahan dan kemudian pada saat 2 jam tanpa rokok tekanan darah dan detak jantung akan kembali normal. Selain itu sirkulasi darah akan kembali lancar. Proses awal perbaikan ini menyebabkan hangatnya pada ujung jari tangan dan kaki.

  1. Kembali normal

Rokok memiliki kandungan karbon monoksida yang menyebabkan sulitnya sel darah mengikat oksigen sehingga akan beresiko pada masalah jantung yang serius. Dalam waktu 12 jam setelah berhenti merokok akan terjadi penurunan karbon monoksida dan akan mengalami peningkatan jumlah oksigen dalam sel darah hingga batas normal.

  1. Resiko serangan jantung rendah

Angka kejadian terjadinya serangan jantung pada perokok sekitar 70%. Namun dalam waktu 24 jam setelah anda memutuskan untuk berhenti merokok maka resiko tersebut akan menurun meskipun anda belum sepenuhnya terbebas.

  1. Persepsi sensual menjadi pulih

Seorang perokok akan mengalami kurangnya indra penciuman dan perasa. Tetapi dalam waktu 2 hari setelah memutuskan berhenti merokok maka kemampuan pada kedua indra tersebut akan menjadi pulih. Nikotin akan keluar sepenuhnya dari tubuh memerlukan waktu 3 hari. Hal tersebut akan muncul gejala sakit kepala, kram perut, mual, cemas dan berkeringat. Selain itu gejala yang akan timbul yaitu peroko akan merasa depresi.

  1. Sirkulasi darah meningkat

Sirkulasi darah akan menjadi baik dalam waktu 2 sampai 3 minggu dan akan meningkatkan paru-paru bekerja hingga 30% sehingga akan paru-paru akan menjadi lebih lega dan nafas pun akan menjadi lebih mudah.

  1. Nafas menjadi lebih mudah

Setelah sekitar 2-3 minggu sirkulasi dan pernafasan menjadi lancar, maka dalam waktu 1 bulan sampai 9 bulan tubuh akan memperoleh energi sepenuhnya. masalah sistem pernafasan seperti sesak nafas, sinus dan batuk akan berkurang.

  1. Meningkatnya kesehatan jantung

Dalam waktu 1 tahun anda berhenti merokok resiko terjadinya penyakit jantung koroner akan menurun

  1. Menurunkan resiko kanker

Resiko terjadinya kanker mulut, kanker esopagus dan kanker tenggorokan akan menjadi berkurang dalam waktu 5 tahun setelah anda memutuskan untuk berhenti merokok

Rokok dapat membunuh mu, mungkin itu slogan yang tepat bagi seorang perokok. Tetapi bagi anda yang sudah terlanjur merokok apa salahnya jika anda mencoba untuk berhenti mengkonsumsi racun yang terdapat di dalam rokok. Banyak manfaat yang akan anda alami setelah berhenti merokok. Tidak hanya manfaat yang berkaitan dengan kesehatan yang akan anda rasakan, tetapi dengan anda berhenti merokok tentunya anda akan mengurangi pengeluaran uang anda. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here