Apakah Berpuasa Dapat Mempengaruhi Siklus Menstruasi?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada saat puasa di bulan ramadhan, wanita akan memiliki jeda atau tidak bisa melakukan puasa penuh selama 30 hari. Hal tersebut terjadi karena wanita memiliki rutinitas bulanan yaitu menstruasi. Sehingga saat menstruasi, Allah SWT memberikan keistimewaan untuk tidak berpuasa terlebih dahulu.

Setelah satu minggu menstruasi dan sudah mandi junub maka mereka diperbolehkan untuk puasa lagi. Dan jangan lupa setelah bulan ramadhan selesai, wanita diwajibkan mengganti hari puasa yang ditinggalkan karena mengalami menstruasi tersebut. Walaupun menstruasi merupakan aktivitas bulanan bagi wanita.

Ada beberapa wanita yang mengalami permasalahan dengan siklus menstruasi saat berpuasa. Ada yang mentruasinya telat atau bahkan lebih cepat dari tanggal yang seharusnya serta ada juga yang justru tidak haid selama satu bulan penuh di bulan ramadhan. Lalu apakah benar berpuasa itu mempengaruhi siklus menstruasi?.

Siklus menstruasi pada wanita normalnya berkisar selama 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Tetapi perlu diingat bahwa setiap wanita memiliki siklus mentruasi yang berbeda-beda. Terganggunya siklus mentruasi saat berpuasa sebenarnya dapat disebabkan karena terjadi gangguan keseimbangan hormonal.

Gangguan ketidakseimbangan hormonal tersebut dapat disebabkan oleh seseorang yang memiliki gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia), Kegemukan atau indeks massa tubuh (IMT) > 30, Malnutrisi (kurang gizi), Stres psikologis, Atlet atau aktivitas fisik berat, Kekurangan vitamin K, Penggunaan obat-obatan tertentu, Kelainan pembekuan darah, Gangguan hormon tiroid. Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Jadi sebenarnya puasa tetap berdampak positif terhadap siklus mentruasi. Hanya saja anda perlu menjaga pola hidup agar kadar hormon dalam tubuh tetap seimbang. Untuk mengatasi siklus mentruasi yang terganggu saat berpuasa. Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Hindari Aktifitas Fisik yang Berat

Saat puasa terlalu lelah juga tidak baik bagi tubuh anda. Khususnya akan berdampak buruk pada siklus mentruasi. Hal ini karena tubuh membutuhkan sejumlah energi untuk meneruskan proses menstruasi secara teratur. Oleh karena itu bekerja sesuai dengan kadar atau energi yang mampu anda lakukan, jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja terlalu keras.

  1. Hindari Stres

Hindari strees karena akan berdampak pada bagian otak anda yaitu hipotalamus. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita yaitu esterogen dan progesteron. Jika anda terlalu stress maka produksi esterogen dan progesteron terganggu, dimana siklus mentruasi menjadi tidak teratur.

  1. Asupan Gizi

Meskipun berpuasa, menjaga asupan gizi juga penting. Pastikan saat sahur dan berbuka makan makanan yang bergizi untuk tubuh. Sehingga siklus haid menjadi lancar. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here