Apakah Bisa Hamil Wanita yang Sudah Disterilisasi dan Rekanalisasi?

www.verywell.com

Dok, Saya ibu 36 tahun dengan 3 orang anak telah melakukan sterilisasi. Apakah saya bisa menyambung saluran telur? Apakah bisa hamil kembali?

Jawaban :

“Ibu Lisa (sahabat sehat) yang baik,

Seorang Ibu yang sudah melakukan sterilisasi (atau dikenal juga sebagai tubektomi) artinya ia telah melakukan metode kontrasepsi secara operatif untuk mencegah kehamilan dengan menutup/memutus saluran tuba falopii secara permanen. Memang sebaiknya seorang wanita dan keluarga mempertimbangkan dengan matang sebelum mengambil keputusan. Pilihan ini dipengaruhi oleh jumlah anak, usia ibu, dan riwayat operasi sesar sebelumnya.

Dr. Prima Progestian, SpOG dalam perbincangan dengan SehatFresh di Jakarta menjelaskan,“Kehamilan dapat dicapai melalui 2 cara yaitu (1) dilakukan program bayi tabung, (2) dilakukan proses penyambungan kembali saluran tuba atau rekanalisasi tuba dan diharapkan akan terjadi kehamilan secara alami nantinya.”

Jika dilakukan bayi tabung, ibu dapat berkonsultasi langsung ke klinik yang melayani program bayi tabung. Tingkat keberhasilan program bayi tabung dipengaruhi oleh usia ibu. Semakin tua seorang ibu maka kemungkinan hamil semakin berkurang.

Jika ingin dilakukan rekanalisasi tuba ada beberapa faktor yang berpengaruh, antara lain usia ibu, teknik operasi yang digunakan untuk sterilisasi dan panjang saluran tuba yang tersisa. “Peluang keberhasilan rekanalisasi dan kehamilan sekitar 45% apabila sterilisasi menggunakan teknik elektrocauter, 50% dengan teknik dipotong dan diikat, dan 75% apabila dahulu menggunakan cincin dengan laparoskopi,” tutur dr. Prima.

Faktor lain guna keberhasilan kehamilan adalah usia pasien dan panjang tuba yang tersisa. Apabila pasien berusia di bawah 37 tahun atau panjang tuba lebih dari 4 cm, masih bisa dilakukan penyambungan (anastomosis) dengan keberhasilannya cukup tinggi. Dr. Prima menyarankan, apabila panjang tuba kurang dari 4 cm sebaiknya tidak dilakukan anastomosis. Namun perlu diingat bahwa adanya risiko terjadinya kegagalan dalam proses penyambungan atau dapat juga terjadi kehamilan di luar kandungan yang terjadi pada tempat sambungan tuba tersebut.

14 KOMENTAR

  1. Dok,usia saya sekarang 32th dan saya sudah mempunyai 3 anak tp anak yg ke 3 meninggal,riwayat sesar 3 kali dengan jarak hanya 1 tahun dan di anjurkan oleh dokter kandungan harus steril krna saya tdk bisa KB,jarak saya steril sdh 7th yg lalu dan tahun ini saya operasi usus buntu,pertanyaan saya apakah saya masih bisa hamil lg dok ?

    • Ibu Ria yang baik, selama kondisi rahim, indung telur dan sperma baik potensinya masih ada. Namun untuk hamil perlu dilakukan operasi pembukaan tuba (rekanalisasi) ke dokter kandungan yang mampu menangani atau dengan cara bayi tabung

  2. dok pada usia saya 29 th saya oprasi sesar pada saat itu perawat menawar kan kb seteril dan pada waktu itu saya dan suami kurang faham ,yg km tau kb seteril itu seperti kb yg lain dan kini usia saya 32 th dan suami mengingin kan anak lagi ,pertanya an saya apa kan di semua rumah sakit bisa untuk penyambungan itu

  3. Siang dok.. Saya lbu lusy 44 thn tinggal d bogor… Saya sudah mempunyai putri 3 dan putra l.. Setelah kelahiran putra saya sama suami sepakat untuk lkut kb steril karena keluarga kami sudah lengkap.. Saya pun ikut steril ketika yang kecil putra saya lahir.. Saya sudah mengikuti steril ikat selama 10 tahun.dan saya pun dapat mensturasi lancar setiap bulan nya.. Dan pada akhir oktober thn 2017 saya .tidak dapat mensturasi lgi sampai bulan januari 2018..saya kira saya mau baki.. setelah saya periksa ke dokter saya positif hamil dan menginjak usia kehamilan 19 minggu.. Dan alhamdulillah setelah d USG.. Hasilnya sangat mengejutkan…. Janin nya sudah ada dan bergerak gerak… Maaf dok yang saya mau tanyakan kemanakah ikatan yang telah d ikat ke rahim saya.. Trimakasih dok atas segala perhatiannya…

  4. selamat malam dokter…sy wulan usia sy 32th..anak sy 4 diusia 27th..sy kb steril karena sy tidak bs kb yg laen..stiap kb sy tetap hamil..jarak anak sy hny 2th..skrg anak yg kecil ud 5th..pertanyaan sy..klo sy mw buka steril apakah sy msh bs hamil lg??

  5. Selamat malam dokter,,saya sdh nerumur 35thn dan sya sdh di steril,tpi skarang saya menginginkn punya anak lagi karna anak sya yg ke 4 meninggal da suami yg pertama meninggal,,suami yg sekarang sangat menginginkn punya keturunan dari saya..bagaimna solusi yg tepat dok

    • Nasib ibu sm dgn nasib sy…usia sy 40 tahun,sy jg disterilkan saat melahirkan anak bungsu dr suami pertama tp 8 hr kemudian anak sy meninggal dan suami kedua sy ingin skali punya anak dr rahim sy
      Pdhal sy jg ingin skali hamil lg…
      Bgmn solusinya 😔

  6. Selamat pagi dok, saya berusia 35 thn, saya mempunyai ank 3 org putri, semuanya mlahirkan cecar, stlh saya melahirkan ank ke 3, saya dan suami memutuskan utk KB steril ikat, kemudian saya berpisah dgn suami yg pertama, dn saya menikah lg dgn suami yg ke 2, TDK menutup kemungkinan, suami ke 2 saya lajang, dn pasti Dy ingin memiliki keturunan dr saya, yg saya ingin tanyakan, apakah stlh saya KB steril ikat, saya bisa hamil lg dok,? Tlg solusi nya dok,?

  7. Assalamualaikum pg dokter aku ni wanita yg sdh berusia 48 tahun aku ni inginmenikah lg dgn kekasih ku yg berusia 36 tahun sdg kn kekasih ku ini ingin sekali mempunyai dua ank dr aku sdg kan aku ini diseteril sdh 18 tahun apa kh seteril saya bisa di buka lg ?? Dn apa kh aku ini masih bisa mempunyai ank lg dr suami saya yg baru lg nanti saya mohon penjelasan dr dokter

  8. Dok,
    Sya rahma,usia sya skrng 27thn.pd usia sya 17thn,sya melakukn operasi stril setelah 1hari melahirkn putra sya 1.tp allah berkehendak lain,1hari dilahirkan putra sya meninggl dunia.apa kah sya bisa menyambung atw menbuka steril sya ini.sya rindu ingin punya keturunan dok.
    Teriris rsa hati sya dok,sya dan suami ingin pya bayi lagi.bantu saya bgai mana cranya dok.agar sya bisa hamil lagi.

  9. Siang dok..sy Nur usia 34 Thun.
    7 thun yg lalu sy operasi Caesar dan menurut ibu sy..rahim sy telah di steril..tapi sy gak yakin itu maka sy konsumsi pil KB..
    Sekarang sy gak konsumsi LG pil KB Krn ingin hamil lagi, sudah sejak 2 tahun gak KB tapi sy blum hamil..
    Nah untuk mengetahui kebenaran bhw sy rahim sy sudah steril, gmn caranya dok?
    Thanks dok atas jawabannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here