Apakah Bisa Janin Melintang Melahirkan Normal?

0
8
www.sehatfresh.com

Pertanyaan :

Tanya dokter! Saya sedang hamil dan umur kehamilan UK 32 minggu. Sedangkan posisi janin pada kandungan saya masih melintang. Apakah bisa saya melahirkan normal, dok? Saya takut, takut sungsang dan dioprasi sesar. Terima kasih dok.

Jawaban :

Ibu Dwi yang baik,

Posisi janin dalam kandungan masih melintang tergolong wajar pada usia kehamilan 32 minggu karena janin masih berputar.

Untuk membantu janin berputar posisi, ibu dapat melakukan gerakan knee chest position (sujud/nungging). Posisi knee-chest seperti sedang sujud dimana bokong berada di atas dengan dada di bawah (bukan sujud sholat dimana dahi ada di lantai). Sujud dilakukan 5 kali sehari selama 5 menit.

Hal ini dimaksudkan agar posisi janin berada pada posisi yang tepat yaitu posisi kepala janin masuk ke rongga panggul dengan posisi kaki di atas. Selain dengan gerakan sujud ada alternatif lain yang bisa ibu Dwi lakukan. Alternatif lain yaitu memutar dengan versi sefalik eksternal (External Cephalic Version) oleh orang yang kompeten, misal dokter kandungan dengan pengawasan USG.

Pada umur kehamilan 36 minggu sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG. Apabila posisi janin masih melintang atau sungsang maka biasanya dokter akan menyarankan operasi sesar. Operasi bedah sesar dilakukan pada umur kehamilan 38 minggu.

Apabila janin masih sungsang  pada usia cukup bulan masih ada pilihan lahir spontan, tergantung dengan kompetensi penolong dan dilakukan pada fasilitas kesehatan yang lengkap.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY