Apakah Gatal pada Penis Pasti Berarti Penyakit Menular Seksual?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sukar menentukan suatu penyakit kelamin alias penyakit menular seksual (PMS) dengan mata telanjang. Gejalanya pun tidak melulu gatal di sekitar alat kelamin.

Gatal pada daerah kemaluan biasanya disebabkan oleh adanya bercak kemerahan akibat peradangan kulit, infeksi jamur, gigitan serangga atau infeksi virus. Walaupun infeksi virus dan adanya kutu biasanya ditularkan melalui hubungan intim, sebagian gangguan kulit lainnya tidak ada hubungannya dengan seks.

Gatal pada area alat kelamin juga bisa menentukan lebih detil diagnosa. Di bawah ini adalah beberapa area di sekitar alat kelamin dan hubungannya dengan gangguan kesehatan.

  • Rambut kemaluan

Faktor-faktor tertentu dapat menyebabkan gatal pada daerah pubis (tempat tumbuhnya rambut kemaluan). Salah satunya adalah kutu kemaluan. Kutu kemaluan biasanya ditularkan melalui kontak seksual dengan penderita. Faktor pemicu berikutnya ialah folikulitis. Penderita biasanya lebih merasa nyeri daripada gatal. Lalu, ada pula infeksi virus, seperti molluscum contagiosum. Ini merupakan salah satu penyakit menular seksual dan dapat menyebabkan gatal hingga ke area batang penis.

  • Batang penis

Herpes genitalis menjadi salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simpleks 1 (HSV1) atau 2 (HSV2). Gejala penyakit ini di antaranya adanya lepuhan pada batang penis. Lalu, ada pula lichen nitidus, yang menyebabkan timbulnya benjolan-benjolan kecil pada batang penis dan terasa gatal. Berita baiknya, ini bukanlah suatu penyakit menular seksual.

  • Kepala penis

Herpes genitalis dan infeksi jamur (candidiasis) adalah dua penyakit yang biasanya terlihat di kepala penis. Selain itu, kepala penis juga bisa terserang kutil kemaluan. Kutil kemaluan merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi virus. Kutil ini juga dapat muncul pada batang penis dan rambut kemaluan. Lichen planus, psoriasis, dan dermatitis seboroik berat merupakan gangguan kulit lainnya yang dapat mengenai kepala penis. Tapi, mereka bukan merupakan suatu penyakit menular seksual.

  • Kantong zakar

Eksim merupakan gangguan kulit kronik yang ditandai dengan rasa gatal, radang, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit, misalnya di kantong zakar. Selain itu, paget juga bisa menyerang kantong zakar. Ini merupakan salah satu jenis kanker kulit yang tampak seperti eksim.

  • Selangkangan

Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal pada daerah selangkangan adalah infeksi jamur, psoriasis (penyakit kulit kronik) dan dermatitis seboroik.

Memang, rasa gatal terkadang juga dapat menjadi gejala dari infeksi menular seksual. Jika disebabkan oleh gonore atau kencing nanah gejala yang muncul antara lain keluarnya cairan warna putih, kuning atau hijau dari ujung penis, disertai rasa nyeri dan perih saat buang air kecil.

Meski begitu, gatal tak selalu berarti adanya PMS seperti yang telah dicontohkan di atas. Maka, satu-satunya cara untuk memastikan apakah seseorang mengidap penyakit kelamin atau tidak adalah dengan pemeriksaan laboratorium oleh dokter ahli. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here