Apakah Kosmetik Anda Layak Pakai ?

SehatFresh.com – Wanita hampir tidak bisa dipisahkan dari kosmetik yang menunjang penampilan mereka. Sayangnya, banyak yang kurang memerhatikan kelayakan kosmetik yang mereka gunakan. Prinsipnya, kosmetik yang masih tersegel dengan baik dan disimpan dalam suhu ruangan bisa awet selama beberapa tahun. Namun, setelah kosmetik  dibuka, maka kosmetik akan terkena kontak dengan udara luar. Ini bisa menyebabkan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya mulai teroksidasi dan mengalami penurunan kualitas. Setiap kali tangan menyentuh kosmetik, maka secara tidak langsung terjadi perpindahan bakteri ke dalam kosmetik.

Selain itu, panas dan udara lembab juga dapat membuat jamur berkembang biak di dalam kosmetik itu sendiri. Oleh karenanya, kosmetik sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan tidak terkena paparan matahari langsung. Karena tidak semua kosmetik mencantumkan tanggal kadaluarsanya, maka sangat penting untuk mengetahui berapa lama kelayakan pakai dari produk kosmetik yang sering Anda gunakan.

  • Riasan wajah

Bedak dan kosmetik lainnya seperti eye shadow atau blush on bisa digunakan selama 18-24 bulan dengan catatan warnanya tidak berubah atau mengeluarkan aroma aneh. Sedangkan, kosmetik berbahan dasar cair seperti eye shadow cream dan alas bedak cair hanya bisa bertahan sekitar enam bulan. Terutama jika produk tersebut tidak dikemas dalam tube. Setiap kali Anda menggunakan jari untuk mengaplikasikan kosmetik tersebut, maka semakin tinggi risiko kosmetik tersebut tercemar oleh bakteri, yang pada akhirnya mengakibatkan timbulnya jerawat atau iritasi.

  • Maskara dan eyeliner cair

Maskara dan eyeliner cair memiliki usia paling pendek jika dibandingkan dengan produk kosmetik lainnya. Kondisi wadah yang gelap dan basah merupakan kondisi yang ideal untuk perkembangbiakan bakteri. Selain itu, setiap kali Anda mengembalikan “gagang” maskara atau eyeliner pada tempatnyanya, tanpa disadari Anda telah memindahkan bakteri ke tabung tersebut. Sangat disarankan untuk mengganti dua produk ini sekitar empat bulan sekali. Bagaimana dengan eyeliner pensil? Karena tidak berbentuk cairan, eyeliner pensil bisa bertahan lebih lama, kurang lebih selama dua tahun. Namun, penting sering menyerut pensil tersebut agar bagian pensil yang digunakan selalu terjamin kebersihannya.

  • Lipstik

Produk lipstik biasanya mampu bertahan hingga dua tahun. Selain mengetahui masa pakainya, penting juga untuk mengetahui tanda-tanda jika lipstik Anda sudah tidak layak pakai. Tanda-tanda yang perlu diperhatikan adalah aroma dan tekstur yang berubah dan sudah tidak menempel maksimal pada bibir. Jika Anda sudah melihat tanda-tanda tersebut, ada baiknya untuk segera mengganti lipstik lama Anda.

Selain memerhatikan masa pakai dan tanda-tanda kadaluarsanya, penting juga untuk merawat produk-produk kosmetik yang Anda pakai dengan  benar. Pastikan produk-produk kosmetik Anda ditutup dengan rapat dan disimpan di tempat yang sejuk, serta jauhkan dari paparan sinar matahari agar mutu tetap terjaga agar tetap aman digunakan.

Sumber gambar : www.amorparfum.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY