Apakah Memancing Memiliki Manfaat Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang memiliki hobi yang berbeda, saat sedang menjalankan aktivitas yang disukai setiap orang rela membuang waktunya untuk menunggu dan menghabiskannya. Salah satu hobi yang akan dibahas pada artikel ini yaitu memancing. Apakah anda termasuk orang yang sangat hobi memancing?

Memancing merupakan aktivitas yang dilakukan melempar kail kemudian duduk menunggu umpan yang telah di pasang didekati oleh ikan dan kemudian ikan terperangkap oleh umpan tersebut setelah itu kita tarik kail perlahan dan pada saat dekat kita angkat kail tersebut. Meski aktivitas ini dianggap oleh sebagian orang sebagai hobinya seorang pemalas dan hal yang sia-sia karena si pemancing duduk santai dan menunggu berjam-jam. Tetapi dari anggapan tersebut apakah kalian mengetahui bahwa hobi memancing memiliki manfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaatnya memancing bagi kesehatan:

  1. Menghilangkan rasa stress

Para pemancing menganggap aktivitas melempar kail, duduk manis menunggu kail, dan mengangkat kail merupakan aktvitas yang bisa melepaskan rasa stress. CEO Recretional Boating and Fishing Foundation, Frank Petterson menyatakan hanya dengan melakukan aktivitas yang mengurangi tekanan sudah dapat menciptakan rasa senang.

  1. Menjaga kebugaran fisik

Hobi memancing yang berefek untuk kebugaran fisik yaitu disebabkan oleh tempat pemancingan. Selain kolam renang biasanya memancing dilakukan disungai dan lain sebagainya. Pada saat akan pergi kesana pemancing mendatangi tempat tersebut dengan bersepeda, jalan kaki, dan mendaki bukit. Hal ini merupakan suatu aktivitas yang tidak disadari baik untuk kesehatan cardiovaskular.

  1. Melatih kesabaran

Memancing merupakan aktivitas menunggu ikan menghampiri umpan. Hal ini memberikan efek bagi kesabaran seseorang. Karena dengan memancing kita melatih kesabaran untuk meraih sesuatu yang ingin kita dapatkan.

  1. Meningkatkan kemampuan berkonsentrasi

Memancing membutuhkan kosentrasi untuk mendapatkan tangkapan yang banyak. Karena pada saat memancing kita harus fokus dengan pancingan kita dan pada saat saat melakukan perlawanan pada ikan kita juga harus membutuhkan konsentasi yang tinggi agar ikan yang sudah mengenai umpan kita dapati.

  1. Terapi kejiwaan

Kegiatan memancing bahkan dijadikan sebuah terapi untuk meningkatkan kesehatan jiwa. Rumah Sakit Jiwa Greater Glasgow dan Rumah Sakit Jiwa Clyde adalah dua rumah sakit jiwa di Skotlandia yang menggunakan terapi teknik memancing untuk meningkatkan kesehatan jiwa para pasiennya. David Potter, staf di Leverndale Mental Health Hospital dan Mark Aitchison serta John Kelly dari Dykebar Mental Health Hospital pernah mencetuskan ide terapi tersebut belum lama ini.

  1. Tidak menyebabkan resiko cedera

Memancing merupakan aktivitas ringan dan tidak membutuhkan energi yang terlalu berat sehingga dengan memancing mengurangi resiko cedera.

  1. Memperluas kejiwaan

Tidak hanya memiliki efek bagi kesehatan memancing juga dapat memperluas kejiwaan seseorang. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here