Apakah Mengonsumsi Buah saat Perut Kosong Lebih Menyehatkan?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjaga nutrisi dalam tubuh merupakan kebutuhan penting bagi setiap manusia yang mengidamkan memiliki hidup sehat. Salah satu cara agar pasokan nutrisi terus terpenuhi adalah dengan rutin mengkonsumsi buah. Namun, terkadang mengkonsumsi buah juga dapat menimbulkan masalah tertentu, misalnya meningkatnya asam lambung karena mengkonsumsi buah yang terlalu asam pada saat perut dalam keadaan kosong atau kadang bisa terserang diare karena masalah ini.

Perlu anda catat, efek meningkatnya asam lambung atau diare seusai mengkonsumsi buah bukan karena Andamakan buah yang tidak tepat, tapi lebih kepada masalah waktu yang kurang tepat saja. Karena pada dasarny setiap buah mengandung nutrisi yang cukup tinggi, Lantas, pertanyaannya adalah apakah Anda sudah makan buah pada waktu yang tepat?

Seperti kasus atau pemahaman masyarakat awam tentang saat perut kosong diisi dengan buah akan meningkatkan asam lambung ternyata tidak tepat. Terkadang justru saat perut telah terisi, beberapa buah yang masuk setelah makanan, membuat Anda terserang maag dan dapat menimbulkan masalah gas di dalam tubuh.

Dalam sejumlah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi buah dalam keadaan perut kosong dapat menyehatkan dan mencerahkan warna kulit tubuh, menyeimbangkan berat badan, memiliki rambut yang kuat dan membantu pikiran untuk tetap fokus.

Waktu pagi merupakan saat yang dianggap paling tepat oleh para pakar kesehatan untuk mengkonsumsi buah. Untuk anda yang ingin mencobanya, silahkan dimulai saat bangun tidur, minumlah segelas air. Kemudian setelah sekitar 10 hingga 15 menit, silakan konsumsi buah pilihan Anda. Tentunya dalam keadaan perut kosong dan belum makan makanan lain, maka dalam kondisi seperti ini, tubuh Anda akan lebih mudah menyerap nutrisi yang terkandung dalam buah.

Namun, apabila keinginan untuk mengkonsumsi buah baru muncul setelah Anda makan besar, alangkah lebih baik jika anda bersabar beberapa menit. Beri jeda waktu untuk tubuh agar dapat mencerna makanan yang masuk selama sekitar 45 menit, lalu makanlah buah pilihan Anda. Lebih baik lagi, menurut pakar kesehatan, mereka menganjurkan makan buah dua jam sebelum dan sesudah makan besar.

Nah, untuk buah apa saja yang bisa dimakan sebelum makan, berikut ini beberapa pilihan buah yang dapat anda konsumsi saat perut masih dalam kondisi kosong.

Buah Apel

Buah apel sangat baik dikonsumsi saat perut masih dalam keadaan kosong. Hal ini karenakandungan antioksidan dan flavonoid dalam buah apel yang mampu menurunkan resiko terkana stroke, kanker usus besar, serta serangan jantung.

Buah jambu biji

Selain kaya akan kandungan vitamin C yang membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, kandungan jambu biji juga bisa menyehatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Buah jeruk

Mengkonsumsi dua atau tiga buah jeruk saat perut masih kosong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh, mencegah sekaligus mengatasi penyakit batu ginjal, dan mampu menurunkan risiko kanker usus besar. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here