Apakah Pria Perlu Mencukur Bulu Ketiaknya?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apabila seorang pria sudah tumbuh dewasa dan pubertas maka pria akan mengalami perubahan-perubahan yang terjadi pada dirinya. Ada dua jenis perubahan pubertas pada pria yaitu perubahan pubertas primer dan perubahan pubertas sekunder. Perubahan primer ditandai dengan mimpi basah, apabila pria sudah mengalami masa pubertas pasti akan mengalami mimpi basah. Sedangkan perubahan pubertas sekunder ditandai dengan perubahan suara, tumbuhnya jakun, tumbuh bulu di kemaluan dan di ketiak dan lain-lain.

Berbicara mengenai bulu ketiak, muncul suatu pertanyaan apakah pria perlu mencukur bulu ketiaknya?

Menurut Daniel Lieberman Ph.D., seorang profesor biologi evoludi manusia di Harvard Universiti menyatakan bahwa bulu ketiak pada pria digunakan sebagai daya tarik untuk kaum wanita. Ketiak memiliki kelenjar apokrin yang sangat banyak yang dapat menghasilkan keringat. Keringat terdiri dari steroid, lipid, protein dan bahan kimia lainnya. Aroma dari campuran zat tersebut merupakan suatu alat komunikasi yang tidak disadari pria untuk menarik perhatian wanita yang berada di dekatnya.

Banyak yang beropini apabila pria yang memiliki bulu ketiak merupakan hal yang normal. Apakah anggapan tersebut masih berlaku di zaman sekarang? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 4.044 kaum pria, dari hasil penelitian tersebut hanya 11% kaum pria yang tidak pernah mencukur bulu ketiaknya. Pertanyaan diatas akan dijawab oleh sebuah penelitian terbaru dari Men’s Health menyatakan bahwa 52% pria lebih memilih untuk mencukur bulu ketiak mereka agar mereka lebih merasa nyaman.

Apabila anda mencukur bulu ketiak maka tindakan anda akan bermanfaat untuk mengurangi terjadinya perkembangan bakteri yang menyebabkan keringan menjadi lebih bau dan membekas. Secara penampilan, jika anda memiliki bulu ketiak yang lebat dan panjang maka anda akan merasa tergannggu dan jika menggunakan baju berlengan pendek makan bulu ketiak akan lebih tampak. Selain itu penelitian terbaru yang dilakukan di Ceko menyatakan bahwa wanita tidak menyukai bau ketiak yang keluar dari ketiak pria yang tidak cukur dibandingkan dengan bau ketiak pria yang telah di cukur. Selain itu wanita juga lebih menyukai apabila pria mencukur bulu ketiaknya dibandingkan dengan pria yang membiarkan bulu ketiaknya menjadi lebat dan panjang.

Menurut pendapat dari Daniel Lieberman, sebaiknya pria harus tetap menjaga bulu ketiak dalam kondisi pendek dan lurus. Beliau mengatakan ukuran ideal bulu ketiak seorang pria yaitu 1 inchi atau akan lebih baik jika kurang dari 1 inchi. Sedangkan bagi pria yang memiliki bulu ketiak yang cenderung keriting, sebaiknya bulu tersebut di cukur sampai habis. Hal tersebut untuk menghindari gatal-gatal yang berlebihan pada ketiak.

Apabila anda akan mencukur bulu ketiak, sebaiknya anda melakukannya dalam kondisi basah karena bulu ketiak akan terasa lebih lembut dan lebih mudah di potong. Sedangkan apabila bulu ketiak dicukur dalam keadaan kering dikhawatirkan bulu akan mudah tertarik dan terjadi iritasi pada kulit ketiak. Perlu anda perhatikan setelah anda selesai mencukur sebaiknya ketiak jangan langsung diberikan deodoran. Hal tersebut akan memicu terjadinya pada iritasi kulit ketiak. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here