Apakah umur 30-an bisa hamil prematur dan pengaruh gigi berlubang saat hamil?

blogspot.com

Menanggapi pertanyaan SahabatSehat tentang keluhan yang Sahabat satu ini derita, berikut pertanyaannya.

Dok saya mau tanya kalau umur 30an, hamil bisa prematur tidak yah?, Apakah gigi berlubang saat hamil ada pengaruhnya?

LT – by email

Setiap wanita yang sudah menikah memang mempunyai pilihan untuk segera mempunyai anak atau menundanya. Saat ini semakin banyak wanita yang memilih untuk menunda kehamilan demi mengejar karirnya. Sebuah penelitian mengungkap tentang kehamilan dan hubungannya dengan umur wanita.

Wanita yang hamil pada umur 20-an akan lebih baik daripada umur 30-an. Hal ini karena pada umur 30-an risiko masalah kesehatan seperti kelahiran prematur atau cacat lahir pada janin akan meningkat sebanyak 20% dan risiko masalah pada janin meningkat pada umur 30-an.

“Jadi para wanita disarankan untuk hamil pada usia sebelum 35-tahun. Usia biologis terbaik wanita untuk hamil adalah 20-35 tahun. Tapi semua itu kembali kepada setiap wanita sendiri”, ulas dr Prima Progrestian.

Dari gejala yang muncul akibat gigi berlubang pada ibu hamil tersebut, terjadinya infeksi atau peradangan merupakan salah satu dampak berbahaya bagi ibu hamil dan juga janin. Peradangan yang muncul sebagai akibat dari gigi berlubang tersebut adalah disebabkan oleh kuman dan bakteri yang bersarang pada gigi. Dan ternyata, peradangan pada gigi ini dapat menyebar dan juga menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Bakteri dan kuman penyebab peradangan akan mengikuti aliran darah dan menginfeksi organ tubuh lainnya. Bagi ibu hamil, bakteri tertentu penyebab peradangan ini dapat menyerang janin. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan membuat kemunculan peradangan pada perkembangan janin.

“Nah, apabila ternyata kuman dan juga bakteri penyebab infeksi dan juga peradangan ini sudah menyerang janin, maka hal inilah yang harus diperhatikan, karena sangat berbahaya dan juga bisa saja menyebabkan keguguran”. Jelas dr.Prima Progrestian

Hal yang paling berbahaya dari infeksi bakteri yang menyerang janin adalah dapat menyebabkan kematian pada janin, alias keguguran. Mengalami keguguran akan menyebabkan sang ibu kemungkinan akan mengalami depresi dan juga tekanan, sehingga dapat menyebabkan stress dan juga kesedihan yang mendalam.

Bahaya lainnya, yaitu terjadi kontraksi yang dapat memicu proses kelahiran prematur. Selain itu, kemungkinan juga sang bayi yang lahir nantinya akan mengalami gangguan kesehatan, karena dampak persalinan prematur tersebut.

dr.Prima Progrestian mengatakan, “Bagi Anda para ibu hamil, apabila mengalami sakit gigi, harus segera bertemu dengan dokter gigi Anda untuk ditangani dengan serius dan tepat, agar nantinya tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang malah akan membahayakan janin Anda. Tindakan menambal atau mencabut gigi aman dilakukan saat hamil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY