Apakah Wanita yang Menderita PCOS Bisa Hamil?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Polycystic ovary syndrome (PCOS) merupakan salah satu penyakit reproduksi  yang menyerang wanita usia produktif. PCOS berawal dari gangguan keseimbangan hormonal dimana terjadi peningkatan hormon androgen yang berlebihan dan resistensi insulin.

Efek samping dari kelebihan hormon androgen meliputi menstruasi tidak teratur bahkan tidak ada, rambut rontok, pertumbuhan rambut berlebih, jerawat, penambahan berat badan, depresi dan masalah kesuburan. Antara 1 dari 10 dan 1 dari 20 perempuan usia subur memiliki PCOS dan ini dapat terjadi pada anak perempuan yang masih berusia 11 tahun.

Peluang untuk hamil bagi penderita PCOS masih tetap ada. Jadi, meskipun anda menderita PCOS tetapi bukan berarti anda tidak bisa hamil sama sekali. Anda harus tetap sabar dan tenang dalam menghadapi situasi seperti ini. Berikut beberapa tips agar cepat hamil bagi penderita PCOS:

  1. Menjaga asupan nutrisi

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa pola makan berperan penting dalam membantu menangani PCOS dan meningkatkan kesempatan untuk hamil. Wanita dengan PCOS lebih berisiko mengalami masalah dalam menyeimbangkan kadar gula darah dan menjadi resistan terhadap insulin. Kondisi tersebut menyebabkan pankreas melepas lebih banyak insulin, sehingga indung telur akan menghasilkan lebih banyak testosteron. Karena itu, memilih pola makan yang baik dapat membantu hormon kembali seimbang.

  1. Mengurangi berat badan

Mengurangi berat badan dapat membantu ovulasi agar sehat secara alami, menormalkan kadar insulin dan glukosa dalam darah dan meningkatkan fungsi siklus menstruasi. Untuk menyeimbangkan hormon dan mengatur siklus menstruasi, maka salah satu cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan olahraga.

  1. Lakukan olahraga

Berolahraga dapat melepaskan hormon yang disebut endorfin, sehingga membuat Anda merasa senang dan mengurangi stress. Olahraga teratur sangat penting karena meningkatkan aktivitas fisik sehingga membantu Anda untuk mencapai berat badan ideal.

  1. Mengeluarkan detoks tubuh

Tidak mengonsumsi kopi, gula serta makanan yang mengandung bahan kimia dapat membantu tubuh mengeluarkan detoks. Beberapa penelitian telah membuktikan, bahwa badan yang bersih dari racun dapat meningkatkan kesuburan.

  1. Hindari stres

Stres akan semakin memicu hormon androgen semakin bekerja. Bahkan, stres juga dapat menghalangi masa subur. Cobalah terus berpikir positif dan ambil waktu yang menyenangkan.

  1. Pengobatan

Banyak wanita dengan PCOS tetap bisa hamil dengan melakukan perawatan kesuburan tertentu. Jenis obat kesuburan yang disebut clomifene dan metformin dapat mendorong terjadinya ovulasi. Jika jenis obat tersebut tidak bekerja, gonadotrofin mungkin akan dianjurkan. Namun, jenis obat ini memiliki risiko stimulasi yang terlalu berlebihan pada indung telur dan menyebabkan kehamilan multipel.

  1. Pembedahan

Bedah pengeboran ovarium adalah operasi yang dapat meningkatkan kemungkinan ovulasi. Ini kadang-kadang digunakan ketika seorang wanita tidak merespon terhadap obat-obatan kesuburan. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here