Aromaterapi Lavender untuk Membantu Mengatasi Sulit Tidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bunga lavender adalah salah satu jenis bunga yang mempunyai bentuk kecil dan memiliki warna khas ungu. Bunga lavender memiliki nama ilmiah lavandula afficinalis synL angustifolia (Lamiaceae) ini berasal dari Prancis sejak zaman romawi kuno. Umumnya, bunga lavender  dimanfaatkan sebagai pewangi atau parfum ruangan karena mempunyai aroma wangi yang khas. Pada dasarnya, orang Roma pada waktu itu menyebut bunga lavender dengan sebutan “lavare” yang berarti menyegarkan.

Selain itu, pada zaman romawi kuno bunga lavender juga dijadikan sebagai pelengkap dalampelaksanaan upacara atau ritual tertentu seperti ritual keagamaan. Namun. Semakin majunya perkembangan jaman dan setelah benyak dilakukan penelitian, bunga lavender mulai dijadikan sebagai bahan utama pembuatan obat tertentu karena kandungan zat didalamnya dan juga sebagai aromaterapi.

Aromaterapi dari ekstrak bunga lavender sangat baik untuk melawan stress serta menghilangkan rasa tidak nyaman pada pikiran yang membuat seseorang mengalami gangguan susah tidur. Tekanan dan stress adalah musuh paling besar dari setiap orang yang hidup di masa modern. Banyak pikiran, gelisah, susah tidur hingga tidak selera makan kerap menghiasi keseharian mereka yang selalu disibukkan dengan rutinitas mereka. Untuk melawan stres dan mengatasi gangguan susah tidur perlu dilakukan dengan cara yang alami dan aman supaya tidak menimbulkan serangan stres atau depresi lainnya.

Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aromaterapi. Salah satu aroma yang sangat efektif dalam aromaterapi adalah aroma ekstrak dari bunga lavender. Ekstrak bunga lavender dipercaya mampu membuat syaraf menjadi relaks dan nyaman sehingga mampu membuat anda tidur lebih mudah.

Ekstrak bunga lavender dikenal mampu untuk membuat Anda tidur lebih mudah dan lebih lelap, dapat menghilangkan rasa sakit, mampu membunuh kuman dan bakteri jahat dalam tubuh. Aroma bunga lavender yang sangat dibenci oleh nyamuk juga menjadi alasan mengapa tidur anda menjadi lebih lelap karena bisa terhindar dari gigitan nyamuk yang bisa saja membuat tidur anda terganggu.

Aroma bunga lavender yang berfungsi seperti sedatif alami ini sangat aman digunakan bagi Anda yang butuh istirahat yang cukup di malam hari dan segera bangun pagi untuk melanjutkan aktivitas, hal ini karena aromaterapi alami yang didapatkan dari bunga lavender tidak meninggalkan rasa kantuk berkepanjangan seperti obat-obat tidur buatan lainnya.

“Aroma bunga Lavender memberikan efek rileks dan tenang bagi setiap orang yang menghirupnya”, ujar COuntry Manager Young Living Indonesia, Anggit Wicaksono dikutip dari beberapa media.

Lebih lanjut, Anggit mengatakan jika dengan mengusapkan minyak Lavender di telapak kaki, Anda dapat memiliki kualitas tidur yang lebih baik. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here