Arti Tokophobia pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Istilah tokophobia mungkin masih asing di telinga masyarakat awam. Padahal gejala tersebut bisa saja dialami oleh wanita hamil, khususnya yang baru pertama kali mengalami masa kehamilan. Lantas apa pengertian tokophobia dan bagaimana cara mengatasinya?

Tokophobia berasal dari bahasa Yunani yakni tocos yang artinya kelahiran bayi. Tokophobia adalah istilah yang menunjuk pada kecemasan berlebihan dalam menghadapi masa kehamilan hingga persalinan bagi ibu hamil.

Tidak hanya wanita yang belum pernah mengalami masa kehamilan, seorang ibu yang pernah melahirkan juga bisa dihantui rasa takut menjelang persalinan. Meskipun rasa takut menjelang persalinan adalah sesuatu yang biasa, namun ada sebagian dari wanita yang mendapati rasa takut berlebihan.

Terdapat berbagai hal yang dapat mempengaruhi wanita dilanda tokophobia. Salah satunya karena sering mendengar cerita negatif seputar persalinan yang dialami wanita lain. Cerita negatif tersebut rupanya bisa menimbulkan ketakutan yang berlebihan bagi wanita, pada masa persalinan.

Beberapa pihak menghimbau agar calon ibu dapat mencari informasi yang tepat mengenai persalinan. Di sisi lain khusus bagi wanita yang tidak bisa menghadapi rasa takut tersebut, operasi caesar mungkin bisa menjadi alternatif dalam persalinan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini terdapat beberapa cara untuk mengatasi tokophobia.

Ibu hamil perlu diberikan dukungan

Wanita yang mengalami tokophobia, perlu mendapatkan dukungan penuh dari keluarga tidak terkecuali sang suami. Kehadiran suami tentu sangat penting dalam memberikan dukungan selama menjalani masa kehamilan hingga persalinan. Jangan mengolok-olok istri yang sedang mengalami kecemasan, karena justru dapat menurunkan mental psikologisnya.

Ibu hamil perlu menjalin komunikasi

Ibu hamil perlu menjalin komunikasi dengan berbagai pihak untuk mengatasi tokophobia. Beberapa pihak termasuk dokter kandungan akan memberikan pemahaman terkait kekhawatiran yang dialami ibu hamil. Kemudian ibu hamil dapat merancang cara yang tepat guna menghadapi tokophobia tersebut.

Ibu hamil perlu menggali informasi yang positif terkait persalinan

Ibu hamil jangan terus-menerus larut dalam kegelisahan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggali informasi lebih banyak mengenai masa kehamilan atau persalinan. Misalnya dengan mengikuti forum atau seminar yang membahas tentang kehamilan.

Tidak perlu mempercayai mitos dan kisah menakutkan dari orang lain, karena hanya merusak mental psikologis. Ibu hamil harus berfikir positif bahwa segala takdir sudah diatur oleh Tuhan YME. Ada jutaan wanita yang telah menjalani masa kehamilan dan persalinan dengan aman, oleh karena itu jangan pernah takut dalam menjalani masa kehamilan.

Ibu hamil perlu percaya dan yakin

Wanita yang menjalani masa kehamilan dan persalinan, harus memiliki rasa percaya diri. Tidak perlu malu untuk berkonsultasi dengan dokter, untuk mengatasi situasi tersebut. Bimbingan dari ahli medis bisa menjadi salah satu cara untuk membangkitkan rasa percaya diri, sehingga ibu hamil semakin siap menghadapi masa kehamilan dan persalinan. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY