Asma Jadi Salah Satu Penyebab Bronkospasme Akut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mengalami masalah pada pernapasan memang tidak mengenakan, terlebih bernapas adalah aktivitas yang sangat penting yang dilakukan oleh tubuh, bernapas adalah aktivitas menghisap udara melalui hidung atau mulut dan dikeluarkan lagi oleh paru-paru.  Berbagai macam masalah dapat terjadi pada saat proses bernapas, salah satu masalah yang terjadi dalam bernapas adalah adanya penyakit bronkospasme.

Bronkospasme ialah adanya kekejangan otot polos atau penyempitan yang terjadi pada dinding bronkial. Bronkial sendiri merupakan jalan masuk udara yang dihirup melalui hidung atau mulut lalu masuk pada alveoli atau kantong udara. Adanya penyempitan dan kerusakan pada bronkial akan menyebabkan paru-paru bekerja keras untuk mengolah dan menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Hasilnya, seseorang akan sulit untuk bernapas dan tubuh merasa kelelahan.

Bronkospasme sendiri sifatnya adalah sementara, namun ada beberapa kondisi yang dapat menjadikannya bronkospasme menjadi akut seperti,  induksi alergen atau zat tertentu pada bronchioli dan peradangan pada lapisan paru-paru. Selain itu penyebab lainnya adalah:

  • Asma. Penyakit kronis pada saluran pernapasan ini menjadi penyebab utama gejala penyakit pernapasan, seperti bronkospasme.
  • Alergi. Adanya alergen pada lingkungan sekitar yang memicu reaksi autoimun, hal ini menyebabkan penyempitan jalan masuk udara juga pada bronkial. Pada penderita asma, alergen bisa berasal dari ketombe, bulu hewan peliharaan, tungau, debu, jamur, serbuk sari, dan partikel-partikel lain yang hidup pada udara. Selain yang berada diudara alergen juga dapat timbul dari telur, susu, kenari, ikan, kerang, kacang kedelai, dan gandum,. Itulah ragam alllergen yang dapat memicu bronkospasme.
  • Gigitan serangga dan jenis obat (terutama penisilin). Pada beberapa orang hal-hal ini dapat menyebabkan penyempitan bronkial yang berakibat pada bronkospasme.
  • Pneumonia. Istilah yang lebih familiar dari penyakit ini adalah paru-paru basah, yaitu terjadinya infeksi yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru.
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). Ini adalah istilah untuk sejumlah penyakit paru-paru untuk jangka panjang, pada PPOK aliran darah dari dalam paru-paru terhalangi sehingga penderita akan mengalami kesulitan bernafas.
  • Emfisema. Gejala utama dari penyakit ini adala penyempitan saluran napas, karena kantung udara di par u-paru menggembung secara berlebihan dan mengalami kerusakan yang luas.

Itulah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan bronkospasme, bagi Anda yang tengah mengalami satu atau beberapa penyebab diatas dan merasa ada yang bermasalah dengan saluran napas Anda sebaiknya segera periksa ke dokter karena bronkospasme berat dapat berisiko pada kematian.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY