Aspek Keamanan Mainan Anak

SehatFresh.com – Mainan adalah benda yang paling disukai oleh anak. Mainan penting bagi perkembangan anak karena bermain adalah cara anak untuk belajar. Namun, pemberian mainan hendaknya disesuaikan dengan tahapan usianya. Tidak semua jenis mainan dianjurkan untuk diberikan pada anak. Mainan yang diberikan untuk anak sebaiknya bersifat edukatif sehingga dapat menjadi stimulus yang baik bagi perkembangan fisik dan psikisnya.

Saat ini, banyak sekali jenis mainan anak yang beredar di pasaran. Dalam hal ini, orang tua dituntut untuk lebih selektif dalam memilih mainan tersebut. Perhatikan aspek keamanan dari mainan tersebut sehingga tidak akan membahayakan anak. Ironisnya, banyak orang tua yang hanya membeli mainan berdasarkan aspek fisik semata tanpa memerhatikan unsur keamanannya.

Berbahan aman dan tepat umur
Ketika membeli mainan, orang tua harus selalu membaca secara cermat label yang tertera pada kemasan mainan, baik rincian bahan yang digunakan maupun kategori umurnya. Zat-zat berbahaya yang terkandung dalam mainan dapat menghambat tumbuh kembang anak. Selain itu, ada juga bahaya yang mengintai dari penggunaan mainan yang tidak sesuai kategori umur seperti bahaya tertelan atau tersedak. Seperti kita ketahui, anak kecil cenderung memasukan benda ke dalam mulut.

Bersifat edukatif
Alangkah baiknya juga orang tua memberikan jenis mainan yang mengandung unsur pembelajaran pada anaknya. Pilihlah mainan yang memberi kesempatan anak balita Anda untuk mulai belajar mengenal hitungan, aksara dan tulisan. Misalnya, Anda bisa mulai mengajarkan anak untuk mulai mengenal warna dengan memberi crayon warna. Orang tua dapat melatih anak untuk mengidentifikasi warna dan bentuk benda sehingga anak bisa belajar dengan menyenangkan mengenal warna.

Ada baiknya juga Anda tidak memberikan gadget pada anak. Mainan berupa gadget sifatnya kurang interaktif sehingga tidak bisa merangsang motorik anak secara maksimal. Anak-anak pada dasarnya membutuhkan permainan interaktif dan sosial, di mana pendampingan orang tua tetap dibutuhkan supaya anak bisa berkembang dengan baik. Gadget juga cenderung membuat anak menjadi malas untuk beraktifitas.

Mempertimbangkan dan memperhatikan keselamatan anak pada waktu bemain dengan mainannya harus menjadi prioritas orangtua. Pemberian mainan harus memerhatikan aspek kualitas mainan, fungsi mainan dan usia anak. Sebaiknya, Anda tidak serta merta membiarkan anak untuk memilih mainannya sendiri jika mereka belum bisa menentukan pilihan mainan yang aman dan baik untuk diri mereka sendiri. Dari semua aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan yang aman untuk anak, hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah pengawasan saat mereka bermain. Bahkan jika orang tua bisa ikut serta dalam permainan, hal tersebut bisa lebih mendekatkan emosi antara orangtua dan anak, yang mana hal ini sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Sumber gambar : duniasehat.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY