Asupan Makanan yang Tepat untuk Penderita Darah Rendah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika Anda sering merasa lemah, mudah lelah, kepala sering pusing, sesak nafas, tidak dapat berkonsentrasi, dan sering mengalami gangguan pencernaan. Hati-hati karena bisa saja anda menderita tekanan darah rendah.

Tekanan darah rendah adalah kondisi tekanan darah di bawah normal. Tekanan darah rendah ini dapat diakibatkan karena gizi makanan yang kurang. Penyebab utamanya yaitu makanan yang dimasak dan yang telah diproses, tetapi gizinya hilang.

Secara umum tekanan darah rendah bukan merupakan penyakit. Orang yang mempunyai tekanan darah rendah tidak akan mengakibatkan umurnya lebih pendek. Bahkan orang dengan tekanan darah rendah memiliki kecenderungan umur yang lebih panjang dari yang mempunyai tekanan darah tinggi.

Namun anda tetap harus menjaga kesehatan dengan tekanan darah rendah anda. Mengonsumsi makanan yang tepat akan membantu memulihkan tekanan darah anda, sehingga tekanan darah akan stabil. Berikut asupan makanan yang tepat bagi anda yang menderita tekanan darah rendah:

Sayuran dan Buah untuk Penderita Darah Rendah

Ada beberapa sayuran dan buah yang dapat anda konsumsi dan tetap aman bagi darah rendah anda bahkan menaikan darah atau menstabilkan tekanan darah, seperti:

  • Asupan yang mengandung vitamin A

Buah dengan kandungan vitamin A yang mudah anda dapatkan yaitu Tomat dan buah naga. Untuk sayur dengan vitamin A anda dapat mengonsumsi sawi, karena selain vitamin A sawi juga mengandung vitamin B,C, dan banyak mineral.

  • Asupan yang mengandung vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks dapat ditemukan pada buah nanas, kurma, alpukat dan pisang. Vitamin B-Kompleks dapat membantu dan memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

  • Asupan dengan kandungan Vitamin C

Sangat banyak buah-buahan dengan vitamin C yang dapat anda jumpai yaitu jeruk, mangga, jambu biji, apel,pepaya, Stroberi. Sawi juga merupakan sayuran yang mengandung vitamin C.

  • Asupan dengan kandungan Zat Besi

Untuk asupan zat besi bagi penderita darah rendah bisa didapatkan dari tebu. Sayuran dengan kandungan zat besi adalah kacang-kacangan dan sayuran hijau seperti bayam.

Itulah beberapa asupan yang tepat bagi anda yang menderita darah rendah dan semoga bermanfaat. Perlu diketahui untuk kestabilan darah anda, sebaiknya hindari pola makan yang tidak sehat atau makan secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh, perbanyak minum air putih, konsumsi makanan yang mengandung garam dan olahraga teratur.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY