Asupan Nutrisi Untuk Kecerdasan Anak

SehatFresh.com – Masa pertumbuhan dari bayi hingga remaja merupakan masa yang paling tepat untuk merangsang perkembangan Anak, termasuk perkembangan kecerdasan otak. Kecerdasan Anak di masa pertumbuhan akan berpengaruh untuk masa depannya kelak. Semua orang tua tentunya sangat mendambakan Anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Meskipun kecerdasan Anak dipengaruhi oleh faktor genetika, akan tetapi beberapa faktor seperti aktivitas fisik, asupan nutrisi dan kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan melatih otak Anak agar tumbuh menjadi anak yang cerdas dan memiliki kreatifitas tinggi seperti melatih Anak dengan memperkenalkan music atau olahraga. Namun hal tersebut tidak 100% membuat Anak menjadi cerdas ataupun memiliki IQ yang bagus, tentunya anak memerlukan asupan makanan bernutrisi untuk memaksimalkan proses belajarnya. Makanan bernutrisi akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak Anak. Lalu, apa saja makanan bernutrisi itu?

Berikut adalah makanan-makanan terbaik yang bisa merangsang perkembangan dan kecerdasan otak Anak :

  • Ikan salmon

Hampir semua jenis ikan menawarkan manfaat yang sangat baik untuk perkembangan dan kecerdasan otak Anak. Bahkan penelitian pun telah membuktikan bahwa Anak yang mengonsumsi ikan memiliki daya ingat dan kemampuan nalar yang lebih tajam dibanding dengan Anak yang tidak mengonsumsi ikan. Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) terbaik yang berperan penting bagi perkembangan fungsi otak. Maka tidak heran jika banyak produsen yang mengeluarkan produk nutrisi Anak, menggunakan ikan sebagai bahan utama pembuatan produk mereka terutama minyak ikan.

  • Produk susu

Susu merupakan minuman sehat yang kaya akan sumber nutrisi seperti protein, kalsium, kalium, vitamin B dan vitamin D yang berperan sebagai nutrisi penting dalam pertumbuhan jaringan otak. Anak-anak, mulai dari bayi hingga usia remaja yang sedang dalam proses pertumbuhan sangat membutuhkan manfaat susu. Selain dikonsumsi dalam bentuk susu, nutrisi susu juga dapat bersumber dari yogurt dan keju.

  • Buah berry

Kelompok buah berry seperti strawberry, raspberry, blueberry dan sebagainya kaya akan nutrisi penting yang baik bagi perkembangan otak. Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, biji buah beri ternyata juga mengandung asam lemak omega 3 yang dikenal sebagai salah satu nutrisi yang berperan dalam perkambangan kecerdasan anak. Selain itu, antioksidan dan vitamin C  yang terkandung di dalam buah berry dapat mengurangi stres serta berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah risiko penyakit berbahaya seperti kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa strawberry dan blueberry dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat anak.

  • Gandum utuh dan beras merah

Beras merah dan gandum utuh atau oat meal mengandung glukosa dan vitamin B yang baik untuk kecerdasan otak anak karena berfungsi memelihara sistem saraf. Kandungan vitamin B didalamnya berfungsi dalam meningkatkan aliran darah ke seluruh sistem saraf untuk memberikan pasokan ke seluruh organ tubuh yang aktif, salah satunya otak. Selain itu, gandum utuh juga kaya akan vitamin E, potasium dan zinc yang mendukung tubuh dan otak untuk bekerja secara seimbang dan optimal.

  • Telur

Telur merupakan sumber protein yang paling mudah didapat dan mudah diolah. Kuning telur memiliki kandungan kolin yang dapat membantu perkembangan otak, terutama perkembangan fungsi memori. Kolin dapat meningkatkan produksi sel induk memori di otak sehingga membuat anak tidak mudah lelah. Namun, konsumsi telur juga tidak boleh terlalu berlebihan. Cukup berikan satu butir telur setiap harinya, karena kuning telur juga mengandung kolesterol yang tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

  • Daging sapi bebas lemak

Daging sapi tanpa lemak bisa dijadikan sebagai sumber zat besi yang dapat membantu anak untuk tetap berenergi dan berkonsentrasi saat belajar di sekolah. Bahkan makanan ini merupakan sumber zat besi terbaik yang paling mudah diserap oleh tubuh. Kandungan zinc yang terdapat pada daging sapi tanpa lemak ini juga akan membantu memelihara daya ingat dan kecerdasan otak si kecil.

  • Kacang

Kacang merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang berperan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas. Selain baik untuk kemampuan berpikir, kacang juga bisa menjadi sumber energi yang baik karena kandungan vitamin E dan thiamin didalamnya dapat mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Sayuran berwarna

Sayuran berwarna alami yang berwarna cerah seperti wortel, tomat dan bayam merupakan makanan yang kaya akan nutrisi, salah satunya kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan dan nutrisi baik lain yang terkandung pada sayuran berwarna dapat mendorong sel-sel otak agar berkembang menjadi sehat.

Sumber gambar : kitasehat.info

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here