Asupan Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap hari tubuh memerlukan asupan nutrisi 3-5 kali, tergantung dari berapa sering kita makan dan disitulah tubuh mendapatkan asupan nutrisi. Makanan dengan nutrisi yang baik sangat diperlukan bagi tubuh, apalagi saat menjalani bulan puasa. Lalu nutrisi tubuh yang seperti apa yang paling baik untuk dikonsumsi? Zat gizi makro atau zat gizi mikro?

Zat gizi makro merupakan zat gizi yang terdiri dari protein, lemak dan karbohidrat. Sementara zat gizi mikro adalah zat yang terdiri dari vitamin dan berbagai macam mineral. Kedua zat gizi ini tentunya sama-sama penting bagi tubuh, namun yang berbeda adalah jumlah yang diperlukan tubuh dalam sehari. Sebenarnya tidak ada yang memiliki predikat lebih penting atau harus lebih banyak dikonsumsi, sebab zat gizi makro dan mikro sama-sama Anda butuhkan ketika berpuasa.

Tidak ada bedanya kebutuhan zat gizi makro Anda saat puasa dengan hari-hari biasanya. Sementara, zat gizi mikro yang terdiri dari berbagai jenis vitamin dan mineral juga tidak berbeda kebutuhannya ketika sebelum dan saat bulan puasa. Kebutuhan zat gizi mikro dapat Anda temukan di berbagai jenis sayuran serta buah-buahan. Apabila Anda tidak merencanakan pola makan dengan baik, maka Anda akan kehilangan zat gizi makro maupun mikro.

Mungkin, ketika Anda mengalami kekurangan zat gizi makro, akan cepat mengalami gangguan kesehatan dibandingkan dengan kekurangan zat gizi mikro. Karena kebutuhan zat gizi makro lebih banyak ketimbang zat gizi mikro, sehingga ketika Anda kurang sedikit saja, masalah kesehatan datang menghampiri Anda.

Berikut nutrisi yang dibutuhkan saat berpuasa:

  • Susu, Telur dan Kedelai

Tips memenuhi nutrisi selanjutnya adalah dengan memenuhi kandungan protein. Kandungan protein sangat penting sekali untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ketika berpuasa. Kandungan protein bisa didapatkan melalui tiga macam makanan di antaranya susu, telur dan kedelai. Karena protein itu sendiri dapat berfungsi untuk memulihkan otot-otot setelah berpuasa, dan sangat disarankan sekali untuk memenuhi protein sekitar 20 gram ketika saur dan berbuasa puasa.

  • Kurma

Ketika berpuasa karbohidrat sangat penting untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karena karbohidrat memiliki manfaat sebagai pengisi ulang cadangan glikogen dalam tubuh, selain itu karbohidrat juga dapat memicu sekresi hormon insulin yang berfungsi untuk mengoptimalkan otot-otot pada tubuh Anda. Adapun cara untuk memenuhi nutrisi ketika berpuasa yaitu dengan cara makan tiga butir kurma ketika berbuka puasa kerena kurma memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi.

  • Sayur dan Buah-buahan

Tidak kalah pentingnya ketika berpuasa tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi yang mengandung vitamin C dan vitamin E. Kedua vitamin itu sendiri berfungsi sebagai antioksidan yang akan membuat tubuh lebih bugar dan tidak mudah sakit ketika berpuasa. Asupan nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan ketika saur dan berbuka puasa. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here