Atasi Batuk Kering dengan Ramuan Tradisional

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Batuk merupakan suatu penyakit yang sangat umum dialami oleh setiap orang. Walaupun begitu, batuk baik itu batuk kering maupun berdahak pastilah sangat menganggu aktifitas sehari-hari. Di saat-saat penting Anda semisal pertemuan dengan klien, presentasi atau kegiatan lainnya, batuk akan sangat mengganggu.

Selain mengganggu aktifitas, batuk terutama batuk kering akan membuat tenggorokan terasa sakit, mungkin juga batuk kering tersebut akan menyebabkan dada menjadi terasa sakit. Apabila tidak segera diatasi, batuk kering akan berbahaya bagi pita suara.

Karena penyakit ini sudah sangat umum terjadi, banyak referensi yang bisa Anda dapatkan untuk mengobati batuk kering ini, baik secara tradisional yaitu bahan- bahan alami yang akan Anda olah sendiri untuk menyembuhkan batuk tersebut atau obat batuk kering yang telah direkomendasikan oleh dokter.

Apabila Anda sedang mencari referensi mengenai obat tradisional untuk mengurangi batuk kering Anda, berikut ini adalah beberapa resep yang dapat Anda coba.

  1. Jahe

Anda pasti sudah mengenal tanaman mungil berkhasiat ini, apalagi ibu- ibu yang sering memasak kadang menggunakan jahe sebagai pelengkap bumbu memasak. Selain untuk menyedapkan masakan, jahe juga mempunyai manfaat untuk meredakan batuk kering Anda.

Cara memanfaatkan jahe ini adalah dengan meminum air hangat yang telah direbus bersama jahe yang telah digepuk. Untuk membuat air rebusan tersebut menjadi lebih nyaman untuk dikonsumsi tambahkan madu.

  1. Jeruk nipis

Dari zaman dulu, jeruk nipis telah dipercaya sebagai salah satu ramuan untuk meredakan batuk. Jeruk nipis ini memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk meredakan batuk kering. Cara membuat ramuan dari jeruk nipis sangat mudah yaitu dengan mengambil air jeruk nipis kemudian dicampur dengan kecap. Minum perasan jeruk nipis yang telah ditambah kecap tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

  1. Garam

Selama ini mungkin Anda mengenal garam sebagai penyedap rasa untuk masakan Anda, namun tahukah Anda bahwa garam juga dapat membantu meredakan batuk kering Anda? Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan melarutkan garam dalam air matang kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Lakukan hal tersebut secara rutin agar dapat terlihat khasiatnya.

  1. Minum air putih

Air putih memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, itulah mengapa kita disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas atau 1,5 liter per hari. Air putih juga direkomendasikan bagi seseorang yang sedang mengalami batuk kering. Dengan minum air putih akan mengurangi terjadinya luka pada tenggorokan selain itu akan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan yang terasa kering.

Anda dapat mencoba beberapa obat tradisional tersebut untuk mengurangi dan meredakan batuk kering Anda, namun apabila batuk tidak berkurang, sebaiknya segera berobat ke dokter.(AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here