Atasi Bisul dengan Bawang Putih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bisul memang termasuk penyakit kulit yang tidak berat, namun jika ini muncul rasa menjengkelkannya hampir sama dengan timbulnya jerawat. Sebelum bisul menjadi membesar dan membengkak, yang paling awal terjadi adalah adanya kemerahan pada kulit, setelah itu lama kelamaan daerah yang kemerahan itu akan membentuk benjolan yang didalamnya terkumpul sel darah putih yang bercampur dengan protein (nanah), tidak jarang keadaan ini juga disertai dengan rasa nyeri saat disentuh dan meskipun tidak banyak namun bagi beberapa orang efek dari bisul ini dapat membuat penderitanya mengalami demam.

Bisul dapat timbul karena adanya pertumbuhan bakteri yang ada di kulit, umumnya bakteri streptococcus lah yang menjadi tersangkanya pada kasus ini. bisul sendiri dapat tumbuh di berbagai macam tempat seperti bokong, ketiak, punggung, dan bagian tubuh lainnya. Berbagai macam penyebab bisa mengakibatkan bisul seperti mengkonsumsi protein terlalu banyak, adanya darah kotor, tersumbatnya pori-pori dengan kotoran, sampai pada kurangnya seseorang tersebut menjaga kebersihan bisa menjadi penyebab timbulnya bisul.

Adanya satu saja bisul yang tumbuh pada bagian tubuh tentu saja dapat menganggu penderitanya dalam beraktivitas terutama jika bisul ada pad daerah-daerah seperti bokong dan pinggang yang akan menulitkan Anda untuk duduk ataupun tidur. Ada banyak pengobatan untuk mengatasi bisul, namun jika Anda ingin cara yang praktis dan juga aman, Anda bisa menggunakan salah satu bahan masakan sebagai obat bisul. Apa itu? memang ada? tentu saja ada. Salah satu yang dapat Anda gunakan untuk mengobati bisul dengan cara yang mudah adalah dengan menggunakan bawang putih, ya tanaman yang sering kali ditemui sebagai penyedap masakan ini selain nikmat untuk masakan bawang putih juga bermanfaat untuk mengobati bisul lho.

Salah satu kandungan bawang putih yang berguna untuk mengobati bisul adalah antibiotiknya yang cukup bagus untuk mengobati peradangan. Jika digunakan setiap hari secara rutin maka ini akan membuat bisul menjadi mengering dan kempes.

Pengaplikasian bawang putih sebagai obat bisul cukup mudah, cukup ambil satu butir bawang putih kemudian tumbuk hingga halus, hasil tumbukkannya tersebut oleskan pada bagian bisul yang meradang selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air bersih. Jika Anda merasakan panas saat pengaplikasian bawang putih tidak usah khawatir karena itu adalah efek dari lancarnya peredahan darah akibat zat yang terkandung pada bawang putih. (RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY