Atasi Kulit Sensitif Pada Bayi, Ibu Wajib Tahu!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Merawat bayi merupakan hal yang tidak mudah. Apalagi jika si buah hati merupakan anak pertama, tentu akan ada rasa cemas, canggung dan kehati-hatian yang berlebihan dari orangtua. Salah satu hal yang sensitive pada bayi adalah kulit mereka yang masih sangat tipis dan halus. Kulit merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk bayi karena apabila ada masalah pada kulit, bukan tidak mungkin bayi akan menjadi rewel dan membuat cemas pada orangtua. Apabila anda merasakan hal yang sama, yaitu mempunyai bayi yang berkulit sensitif. Ada baiknya mencoba beberapa langkah ini:

Kenali Penyebabnya

Anak anda rewel seharian karena pada kulitnya terjadi iritasi. Maka segera cari tahu apa penyebab pada kulitnya. Segera hindarkan dan jangan dipakai lagi. Beberapa hal ini dapat memicu terjadinya iritasi pada bayi, seperti :

  • Pakaian yang digunakan bayi terlalu ketat, hal ini dapat memicu kulit bayi menjadi iritasi. Usahakan untuk beberapa bulan sekali membeli pakaian karena pada masa pertumbuhannya bayi akan cepat besar dan jangan memaksakan dipakai apabila pakaian tersebut sudah terlihat ketat pada bayi.
  • Bayi tentu akan lucu bila dipakaikan sweater ala-ala winter sonata. Tapi sayangnya, pakaian yang terlalu tebal akan membuat kulitnya sulit bernafas dan lembab. Hal ini dapat memicu iritasi pada bayi. Maka pilihlah pakaian yang wajar dan tentu dapat menyerap keringat pada bayi.
  • Terlihat gemuk adalah hal yang sangat lucu pada bayi. Namun hati-hati ternyata gemuknya bayi dan lipatan-lipatan kecil pada tubuh mereka dapat mengakibatkan gesekan pada kulit dan menyebabkan iritasi.

Tips Merawat Bayi Berkulit Sensitif

  1. Pastikan air yang digunakan untuk memandikan bayi adalah bersih. Untuk itu anda dapat menggunakan cairan antiseptik kedalam bak mandinya. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan air hangat saat memandikan bayi.
  2. Pada masa awal kelahiran bayi, usahakan jangan memakai sabun bayi yang mengandung pewangi karena beberapa bayi terkadang alergi pada pewangi. Apabila anda ingin bayi tetap wangi, anda dapat menaruh helaian bunga melati dan lainnya pada bak mandi bayi agar wanginya meresap kekulit bayi.

Setelah mandi jangan lupa pastikan bahwa kulit bayi telah benar-benar kering. Ganti popok secara berkala walaupun belum poop, hal ini untuk mencegah terjadinya lembab pada area paha bayi. Jangan lupa untuk mengganti baju bayi secara berkala dan segera ganti bajunya apabila bayi berkeringat.(NIA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY