Atasi Luka Bakar dengan Lidah Buaya

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Lidah buaya (Aloe vera) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Tak hanya itu, lidah buaya juga merupakan makanan yang sering dikonsumsi dan sering dijadikan jus. Tanaman yang satu ini memang banyak manfaat, termasuk untuk urusan kulit.

Bagian-bagian lidah buaya yang bisa dimanfaatkan yaitu gel dan lateks. Gel diperoleh dari sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya. Sementara itu, lateks diperoleh dari sel-sel yang tepat berada di bawah lapisan kulit lidah buaya.

Sebagai obat, gel lidah buaya yang berwarna bening seperti jeli ini sering digunakan sebagai salep, lotion, krim dan sebagainya. Lateks sendiri bisa diolah untuk membuat zat-zat kering, seperti suplemen. Tapi, ada pula obat yang memakai keduanya. Berbagai produk olahan ekstrak lidah buaya sudah teregistrasi di BPOM RI.

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Alhasil, lidah buaya diyakini membantu menyembuhkan radang, iritasi usus, dan bahkan membantu mengatasi diabetes.

Bagi para wanita, lidah buaya biasa menjadikan lidah buaya sebagai teman baiknya dalam perawatan rambut dan kulit. Mereka percaya, lidah buaya bisa membuat rambut lebih indah dan kulit menjadi lebih halus. Menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri, dan membantu proses regenerasi sel. Terkait hal ini, lidah buaya bisa digunakan untuk mengobati luka bakar ringan.

Luka bakar ringan bisa didapat saat memasak di dapur, misalnya terkena percikan minyak, panci yang panas dan lain sebagainya. Bila Anda mengalami luka bakar ringan, lidah buaya bisa menjadi cara alami untuk mengurangi risiko yang lebih parah.

Cara untuk mengurangi risiko luka bakar dengan lidah buaya pun sangat mudah. Di bawah ini adalah cara untuk mengurangi luka bakar dengan lidah buaya.

  • Pertama dan terpenting, jangan panik jika Anda mendapatkan luka bakar ringan.
  • Potong daun lidah buaya dengan gunting atau pisau tajam. Alternatif lainnya adalah meremas lidah buaya sehingga gel di dalamnya keluar.
  • Ambil mangkuk bersih sebagai wadah untuk gel lidah buaya.
  • Oleskan gel lidah buaya di atas luka bakar.
  • Pijat lembut luka bakar. Lakukan dengan perlahan agar tidak memperparah luka.
  • Diamkan beberapa menit.
  • Ulangi dua kali sehari selama satu minggu untuk pengobatan. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY