Atasi Panas Dalam dengan Mengonsumsi Cincau Hitam

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa yang tidak kenal makanan cincau hitam? Jajanan tradisional ini semakin naik daun setelah diolah menjadi berbagai produk minuman. Tapi taukah pembaca jika cincau hitam juga dapat bermanfaat untuk mengatasi panas dalam?

Sekilas tentang tanaman cincau hitam

Cincau hitam merupakan tanaman yang memiliki batang kecil. Uniknya ujung bagian batang tanaman tersebut, biasanya juga ditumbuhi batang lain. Batangnya terkadang juga menjalar di tanah, serta sebagian batang yang lainnya dalam posisi tegak.

Bentuk daun tanaman cincau agak lonjong, dimana ujung daun berbentuk runcing. Bunga tanaman ini memiliki warna merah muda, meski demikian ada pula yang memiliki warna agak keungu-unguan. Jika diamati sekilas, bentuk bunganya hampir mirip dengan kemangi.

Pada daun serta batang cincau, bergetah hijau agak kehitam-hitaman. Kemudian itulah yang kelak diolah dan dimasak, sehingga menjadi cincau hitam. Tanaman cincau tersebar mulai dari Myanmar, Philipina, hingga Indonesia. Habitat tanaman ini akan lebih baik jika tumbuh di wilayah yang mempunyai ketinggian antara 75-2300 meter dari permukaan laut.

Kandungan pada cincau hitam

Cincau hitam mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang cukup baik. Makanan ini memiliki serat larut air yang tinggi, mineral, protein, lemak, hingga kalori. Setidaknya dalam 100 gram cincau hitam mempunyai kandungan 1 gram lemak, 6 gram protein, serta 122 kalori.

Hanya saja dalam cincau hitam, kandungan vitamin A dan C masih tergolong rendah. Sementara kandungan lain yang cukup tinggi antara lain flavoid sekitar 1,34%, fenol sekitar 17,3%, asam kafeat sekitar 50,14 ppm, serta steroid sekitar 0,23%. Di lain pihak kandungan antioksidan yang terdapat di dalam getah cincau hitam tergolong tinggi.

Hal tersebut berguna untuk melawan kanker, sekaligus efektif mematikan sel tumor. Kandungan pada cincau hitam yang berguna untuk program diet antara lain kalsium, karbohidrat, fosfor, hingga vitamin B1. Ditambah lagi kandungan air yang tinggi, jadi sangat cocok bagi seseorang yang sedang berusaha mengurangi berat badan.

Cincau hitam dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan

Bagi pembaca yang memiliki hobi mengkonsumsi es campur, pasti tidak asing dengan bahan berbentuk kotak kecil. Benar sekali, itu adalah cincau hitam yang biasanya mengapung dalam sebuah racikan es campur. Terlebih saat bulan ramadhan tiba, cincau hitam akan semakin mudah didapatkan.

Di kalangan masyarakat, cincau hitam menjadi salah satu racikan dalam menu berbuka puasa. “Si Hitam” ini dapat dimasukan ke dalam racikan es buah, es campur, hingga campuran kolak. Menariknya cincau hitam selain mempunyai rasa yang khas, rupanya juga bermanfaat guna mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat cincau hitam bagi kesehatan

  1. Cincau hitam bermanfaat guna menjaga pencernaan agar bisa berfungsi dengan baik.
  2. Cincau hitam bermanfaat untuk mengatasi panas dalam.
  3. Cincau hitam bermanfaat untuk mengatasi sembelit.
  4. Cincau hitam bermanfaat untuk mengobati perut kembung.
  5. Cincau hitam bermanfaat untuk mengatasi diare.
  6. Cincau hitam bermanfaat untuk mengobati malaria.
  7. Cincau hitam bermanfaat untuk mengobati darah tinggi.
  8. Cincau hitam bermanfaat untuk mengobati batuk.
  9. Cincau hitam bermanfaat untuk melawan kanker dan tumor.
  10. Cincau hitam bermanfaat untuk mengatasi resiko terkena stroke hingga diabetes.
  11. Cincau hitam bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here