Atasi Sembelit dengan Buah Anggur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Buah anggur sering disajikan sebagai buah segar atau hiasan kue. Dengan menyantap beberapa buah anggur, ada beragam jenis penyakit yang bisa dicegah atau diatasi. Salah satunya adalah sembelit.

Anggur kaya akan vitamin A, C, B6, asam folat dan sejumlah mineral penting, seperti potasium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan selenium. Anggur juga kaya akan flavanoid, yaitu zat anti radikal bebas. Zat ini bisa menghambat penuaan dini dan memperbaiki sel-sel rusak akibat radikal bebas. Oleh karena itu, sering dianjurkan untuk makan buah anggur segar jika ingin awet muda.

Tak hanya buah, mengonsumsi anggur juga sebaiknya bersama kulit dan bijinya. Kandungan gizi anggur terbanyak berasal dari biji dan kulit anggur. Riset membuktikan biji anggur merupakan sumber fitokimia, sedangkan kulit anggur sumber antosianin.

Biji anggur memiliki senyawa pycnogenol yang bisa mencegah serangan jantung melalui mekanisme perbaikan struktur pembuluh darah dengan membuatnya lentur. Pembuluh darah yang rapuh rentan mengalami sumbatan lemak dan kolesterol sehingga berujung kepada penyempitan pembuluh darah. Jadi, konsumsilah anggur (berikut bijinya) agar jantung sehat sebanyak 12—16 buah setiap 3—4 hari sekali.

Selain itu, anggur juga bisa untuk mengatasi sembelit, gangguan pencernaan, dan ginjal. Sembelit merupakan kondisi di mana seseorang jarang buang air besar, biasanya kurang dari tiga kali seminggu. Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda. Ada orang yang buang air besar setiap hari, namun ada juga yang setiap dua hari. Tapi, jika sulit atau jarang buang air besar, berarti Anda mengalami sembelit. Walaupun termasuk penyakit yang umum, namun jika dibiarkan hingga berminggu-minggu berarti penyakit ini sudah kronis.

Pada awalnya, pasien akan merasa tidak nyaman dan lama-kelamaan pasien dapat menjadi frustrasi dan kesakitan. Saat kotoran menumpuk di dalam usus besar, kotoran akan mengeras dan menjadi lebih sulit untuk dikeluarkan.

Gejala seseorang yang menderita sembelit antara lain:

  • Buang air besar keras
  • Butuh mengejan dengan keras untuk membuang kotoran
  • Merasa masih ada kotoran yang tertinggal setelah buang air besar
  • Butuh gerakan tambahan untuk mengeluarkan kotoran, seperti menekan-nekan perut atau mengeluarkan kotoran menggunakan jari
  • Sakit perut
  • Perut buncit

Sembelit dapat disebabkan oleh berbagai faktor di antaranya adalah:

  • Kurang minum air
  • Kurang mengonsumsi serat
  • Stres

Jadi, langkah mudah mengobati sembelit adalah dengan mengonsumsi anggur. Hal ini karena anggur mengandung asam organik, gula, dan selulosa yang mampu dijadikan sebagai obat pencahar. Ini berarti anggur juga dapat meringankan sembelit yang kronis karena bisa membersihkan usus dan perut. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here