Awas! 6 Faktor Ini Bisa Menyebabkan Penis Menyusut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak sedikit pria yang melakukan berbagai cara guna memperbesar ukuran kelaminnya. Namun tanpa disadari oleh banyak pria, ternyata berbagai faktor justru dapat membuat penis mengecil. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 6 faktor bisa menyebabkan penis menyusut.

Faktor kegemukan

Dari berbagai kajian ilmiah dan kasus di masyarakat, kegemukan dapat mengakibatkan penis tampak mengecil. Pada orang yang mengidap obesitas, lemak di pubis yang lebih tebal bisa membuat penis jadi tidak kelihatan. Sebenarnya berat badan tidak mengubah ukuran penis secara fisik.

Hanya saja pria yang gemuk mempunyai kantong lemak lebih banyak di panggul sekitar penis. Kemudian lemak tersebut akan terlihat menggantung. Bila pria mempunyai tubuh gemuk, maka jumlah lemak di sekitar penis juga akan banyak. Dampaknya penis akan kelihatan memendek karena ditutupi lemak.

Secara fisik, penis sebenarnya tidak lebih pendek. Namun penis terasa lebih pendek secara fungsional, karena semakin banyak lemak yang menutupi daerah di sekitar penis. Hal itu berdampak buruk, karena penis akan mengalami kesulitan saat melakukan penetrasi.

Faktor usia

Penis juga dapat mengalami penyusutan akibat ketidakseimbangan hormon, termasuk hormon testosteron atau hormon seks. Kekurangan testosteron dapat mengakibatkan tonus otot pria mengecil, termasuk mengurangi ketegangan di penis. Secara alamiah berkurangnya testosteron diakibatkan oleh bertambahnya usia. Itulah yang menyebabkan semakin bertambahnya usia, kerja alat kelamin pria menjadi tidak maksimal.

Faktor penyakit sistemik

Pada kondisi tertentu, pria dapat mengalami percepatan penurunan testosteron. Pria mengalami penurunan testosteron yang lebih cepat dari kondisi normal pada umumnya. Normalnya penurunan testosteron terjadi di usia 70 tahun, namun karena faktor tertentu dapat terjadi di usia 45 tahun. Hal ini bisa terjadi karena penyakit yang sifatnya sistemik seperti jantung, ginjal, liver, atau diabetes.

Faktor efek samping obat-obatan

Obat-obatan tertentu juga mempunyai efek samping yang membuat kelamin pria bisa mengecil. Di dalam obat herbal atau tumbuh-tumbuhan alami, masih terdapat zat yang belum termurnikan. Alhasil pria harus memilih secara selektif obat-obatan herbal yang ingin dikonsumsi, agar tidak memiliki efek samping yang merugikan.

Faktor stres

Stres bisa menjadi salah satu faktor menyusutnya penis pada pria. Hal tersebut dikarenakan produksi hormon seks testosteron mengalami hambatan. Kurangnya testosteron bisa membuat libido pria menurun. Hal itu bisa mengakibatkan penis menyusut, sehingga gairah hubungan seksual tidak berada pada puncak kenikmatan.

Faktor cuaca dingin

Cuaca dingin secara langsung bisa membuat penis pria tampak mengecil. Hal tersebut diakibatkan karena aliran darah melambat, sehingga tidak mengembang akibat cuaca dingin. Alhasil bagi pria yang kebetulan sedang berada di kondisi dengan suhu dingin, perlu mengkonsumsi makanan atau minuman yang hangat agar stamina tubuh tetap terjaga. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here