Awas, Kecanduan Gadget Bisa Kena Penyakit Ini!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kemajuan teknologi memang membawa banyak kemudahan bagi manusia. Tapi, di sisi lain teknologi juga bisa berdampak negatif bagi penggunanya. Dampak negatifnya makin terasa bila seseorang terlalu sering berinteraksi dengan teknologi pada beragam gadget dalam kehidupan sehari-hari alias sudah kecanduan.

Pada umumnya, dampak negatif kecanduan gadget bersumber dari radiasinya. Dampak negatif gadget memang tidak akan dirasakan dalam waktu dekat. Namun, bahayanya akan mengendap dalam jangka panjang. Sejumlah penyakit pun sudah siap mengintai.

Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa menimpa sesorang akibat kecanduan gadget:

  • Insomnia

Menggunakan gadget secara berlebihan dan kebiasaan menggunakan benda tersebut pada malam hari tentunya akan berdampak terhadap kualitas tidur. Pancaran cahaya dari gadget yang Anda gunakan pada malam hari akan mempengaruhi pelepasan hormon melatonin yang merupakan hormon untuk membuat pikiran Anda tenang dan tidur pada malam hari. Insomnia akibat kebiasaan menggunakan gadget pada malam hari tentunya sangat berisiko terhadap beberapa penyakit berbahaya, seperti serangan jantung, stroke, dan diabetes.

  • Nomophobia

Salah satu dampak negatif yang berasal dari gadget ialah nomophobia. Pengguna gadget yang sudah kecanduan senantiasa tidak bisa lepas dari benda tersebut. Jika ia dijauhkan dari gadget, maka ia akan meras cemas yang berlebihan. Penderita cenderung akan terlihat was-was, gemetar, cemas dan bahkan berkeringat.

  • Scrotal hyperthermia

Bagi Anda yang sering mengoprasikan gadget atau laptop di atas paha sebaiknya berhati-hati sebab kebiasaan tersebut karena bisa memicu peningkatan suhu. Kondisi tersebut tentunya sangat berisiko bagi pria karena bisa menyebabkan organ vital mengalami gangguan. Lebih jelasnya yaitu menyebabkan gangguan pada fungsi reproduksi.

  • Texting thumb (Tendinitis)

Penggunaan jari dan tangan pada gadget dalam waktu lama atau jangka panjang dapat melukai tandon, saraf, dan otot-otot. Umumnya cedera di bagian jempol ini disebut dengan Blackberry Thumb. Sementara itu, cedera pada tangan disebut dengan iPad Hand. Selain itu, jenis cedera yang lebih parah yang mungkin dialami adalah mati rasa, kerusakan otot, nyeri serta memerlukan pembedahan untuk pengobatan.

  • Obesitas

Menurut World Health Organization, lebih dari 60% penyebab kematian di dunia adalah akibat penyakit tidak menular antara lain obesitas, diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Kurang aktivitas fisik diketahui sebagai peringkat empat penyebab kematian di dunia. Obesitas juga diawali dengan pola hidup yang tidak sehat. Seseorang yang mengalami obesitas biasanya jarang berolah raga atau melakukan aktivitas fisik.

  • Tinnitus

Penyakit ini mengancam mereka yang sering terlalu lama menelepon. Penyakit ini membuat telinga berdengung atau membuat si penderita merasa mendengar suara-suara tertentu.

  • Stroke

Stroke ialah penyakit kardiovaskuler yang terjadi akibat gagalnya suplai oksigen ke sel-sel otak. Seseorang yang sangat aktif menggunakan jari-jarinya untuk bermain gadget sangat berpotensi mengalami penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah karena kurangnya aktivitas produktif. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY