Awas Makanan Manis dapat Menyebabkan Keputihan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Keputihan termasuk salah satu masalah yang membuat setiap wanita merasa tak nyaman. Keputihan memang bisa menjadi awal dari timbulnya penyakit lain yang berbahaya bagi vagina. Keputihan bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti terlalu banyak pikiran (stres) dan  akibat dari makanan yang anda konsumsi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Maryland, makanan yang banyak mengandung pemanis tambahan seperti cupcake, es krim dan jenis permen lainnya dapat menjadi sumber utama terjadinya keputihan. Gula dan pemanis tambahan dalam makanan yang anda konsumsi bisa menjadi sumber makanan bakteri pada daerah kewanitaan Anda. Akibatnya, pertumbuhan bakteri akan meningkat kemudian menjadi sumber penyakit pada vagina. Bakteri inilah yang menjadi awal dari munculnya keputihan hingga aroma tak sedap pada vagina.

Untuk itu, usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula tambahan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggantinya dengan menambahkan buah-buahan atau yogurt yang terbuat dari pemanis alami. Dalam minuman Yogurt terkandung probiotik yang bisa memproduksi bakteri baik untuk menyeimbangkan jumlah bakteri penyebab keputihan pada vagina. Bisa juga ditambah dengan mengkonsumsi kayu manis yang memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur untuk mencegah pertumbuhan jamur pada vagina yang menyebabkan keputihan.

Perlu diketahui, ketika Anda hendak mengkonsumsi buah dengan rasa manis, pastikan Anda tidak serta merta menghabiskannya. Makanlah secara perlahan dan bertahap. Ini berfungsi untuk menghindari lonjakan gula darah dan masukan gula buah yang dapat memengaruhi kondisi vagina.

Makanan yang baik Anda konsumsi saat sedang mengalami keputihan adalah makanan yang direbus atau ditumis. Sangat disarankan perbanyak konsumsi sayuran hijau dengan kombinasi sayuran berwarna-warni, seperti tomat, paprika, kembang kol, dan sebagainya. Mengkonsumsi bawang putih disinyalir dapat mempertahankan kondisi vagina Anda dari perkembangan jamur yang satu ini.

Untuk menghindari keputihan akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan manis, mulai sekarang anda  dapat mengurangi untuk memakan cokelat, minuman manis, es krim dan berbagai macam makanan yang banyak mengandung gula tinggi agar tidak rawan mengalami keputihan pada vagina.

Selain menghindari makanan manis yang banyak mengandung gula atau pemanis tambahan, Anda tetap harus menjaga kebersihan daerah kewanitaan anda agar bakteri tidak mudah tumbuh pesat di area penting tersebut. Yang paling utama, selalu bersihkan vagina setelah buang air kecil atau besar dengan baik dan benar. Pastikan vagina selalu kering dan tidak lembap. Hindari menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat agar sirkulasi udara daerah kewanitaan anda tidak terganggu.

Perlu diingat, makan makanan manis boleh saja, asal tetap dalam batas wajar dan jangan berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here