Awasi Kehadirannya Otot Vagina Mengalami Kejang (Vaginismus)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vaginismus, mungkin kata-kata itu masih terdengar asing ketika membacanya dimata anda. Namun, jangan salah karena kata asing ini ternyata cukup mengganggu anda sebagai wanita. Vaginismus merupakan suatu keadaan dimana otot vagina mengalami kejang pada bagian luar dan sekitarnya. Vaginismus membuat penderitanya sangat sensitif karena salah satu ciri-cirinya adalah mengatupkan kedua tungkainya ketika ada sentuhan pada vaginanya. Hal ini tentu akan mengurangi keharmonisan rumah tangga karena rutinitas bercinta menjadi terhambat. Gangguan ini umumnya menyerang wanita yang sedang aktif berhubungan seksual maupun yang telah berusia lebih lanjut.

Tidak hanya itu, vaginismus juga dapat menghambat terjadinya penetrasi. Wanita dengan gangguan ini akan mengalami sakit ketika terjadi penetrasi. Beberapa akan hilang ketika terjadi tarikan namun beberapa juga tetap mengalami rasa sakit. Selain itu, wanita juga akan merasa tidak nyaman ketika ada pemeriksaan yang harus dilakukan dengan memasukkan sesuatu ke Ms. V seperti tampon. Hingga saat ini belum diketahui berapa banyak wanita yang terkena vaginismus. Namun, diyakini bahwa banyak wanita yang mengalaminya. Entah karena trauma maupun faktor usia dan lainnya.

Jenis Vaginismus

Pada beberapa kejadian, wanita mengalami vaginismus terhadap beberapa hal yang berbeda-beda. Misalnya mengalami kejang hanya pada tampon saja dan ada juga yang mengalami kejang hanya pada saat akan dilakukan penetrasi saja. Hal ini menyebabkan vaginismus terbagi menjadi beberapa jenis.

  1. Vaginismus primer : hal ini terjadi jika penetrasi yang dilakukan tidak pernah berhasil atau gagalnya hubungan intim.
  2. Vaginismus Sekunder : hal ini terjadi dalam keadaan dimana penetrasi sudah tidak dapat dilakukan lagi. Dikarenakan terjadinya operasi ginekologi atau adanya radiasi.

Vaginismus juga banyak terjadi ketika wanita mengalami menopause. Hal ini akan menyebabkan vagina kurang pelumas dan tidak lagi elastis. Sehingga akan terjadi hubungan yang menyakiti wanita dan membuat stress.

Penyebab Vaginismus

Salah satu penyebab vaginismus merupakan kecemasan terhadap hubungan seksual. Adanya trauma seksual karena kekerasan, seks yang menyakitkan tapi tidak bilang pada pasangan, serta seks yang tidak diinginkan. Selain itu, infeksi juga dapat menyebabkan vaginismus jadi pelajari nyeri yang terjadi saat berhubungan dan jangan diabaikan.

Pengobatan Vaginismus

  1. Banyak mempelajari informasi mengenai hubungan seksual untuk pasangan. Hingga tidak ada rasa cemas danjangan lupa untuk selalu jujur apabila mengalami sakit saat berhubungan.

2. Latihan senam kegel sangat bagus untuk melatih otot dasar panggul untuk mengontrol     vagina, rectum dan kandung kemih.

  1. Konsultasikan pada dokter atau psikiater apabila anda memiliki kecemasan terhadap hubungan seksual dan jangan dibiarkan berlarut-larut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY