Badan Melar dan Bahaya Lainnya Karena Tidur Terlalu Lama

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Badan Melar dan Tidur merupakan salah satu dari bagian pola hidup sehat dan kebutuhan yang tak bisa tergantikan. Sering begadang membuat tubuh gampang sakit dan stres sehingga produktivitas kerja pun perlahan akan menurun. Ini karena tidur berkualitas dalam waktu yang cukup (6-8 jam sehari) adalah penunjang penting untuk fisik dan mental yang sehat. Organ-organ tubuh akan beristirahat dan sel-sel tubuh yang rusak akan diperbaiki selama tidur. Tapi, waktu tidur juga jangan sampai berlebihan karena bisa jadi bumerang bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa bahayanya!

  1. Peningkatan berat badan

Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa kurang tidur dapat memicu kenaikan berat badan. Salah satu alasannya karena keseimbangan hormon yang kacau. Di sisi lain, sering tidur melebihi durasi normal juga dapat memicu kelebihan berat badan atau obesitas. Alasan sederhananya karena ketika seseorang lebih banyak tidur, maka semakin sedikit waktu yang dimiliki orang tersebut untuk bergerak aktif sehingga metabolisme tubuh pun berjalan lambat.

  1. Diabetes

Terlalu banyak tidur dapat meningkatkan kadar gula darah. Dengan kata lain, risiko Anda terkena diabetes pun meningkat. Faktor pemicunya berkaitan dengan peningkatan berat badan. Sejumlah studi pun melaporkan bahwa orang yang waktu tidurnya lebih lama dari waktu normal cenderung mengembangkan diabetes. Terutama bila orang tersebut juga memiliki riwayat keluarga diabetes.

  1. Penyakit jantung

Sejumlah penelitian telah menemukan adanya hubungan kebiasaan tidur terlalu lama dan penyakit jantung di masa depan. Secara umum, studi menyimpulkan bahwa durasi tidur lebih dari 9 jam membuat Anda lebih berisiko menderita penyakit jantung yang pada akhirnya dapat berujung stroke atau bahkan kematian.

  1. Penurunan daya ingat

Tidur sangat penting untuk mempertahankan kesehatan otak, termasuk dalam hal mengingat. Sama halnya seperti kebiasaan sering begadang, tidur lebih dari delapan jam per hari juga dapat mengacaukan memori dan konsentrasi. Ini karena tidur berlebihan dapat memperlambat fungsi sel otak yang pada gilirannya membuat fungsi otak menurun dan mengarah ke gejala kepikunan.

  1. Depresi

Karena membuat fungsi otak menurun, tak heran kalau tidur berlebihan juga membuat seseorang menjadi lebih rentan depresi. Bila sebelumnya Anda menderita depresi, maka sering tidur berlebihan dapat memperparah kondisi mental Anda dan membuat derajat depresi semakin meningkat.

  1. Nyeri punggung

Kala tubuh lelah dan terasa pegal, tidur memang bisa menyegarkan kembali fisik dan mental. Tapi, durasi waktu tidur juga jangan sampai berlebihan. Justru, tidur terlalu lama bisa berakibat nyeri punggung. Selain itu, kebiasaan malas-malasan sambil tiduran di kasur juga bisa menimbulkan dampak yang sama.

  1. Menurunkan peluang hamil

Kesimpulan dari hasil penelitian para ahli di Korea tahun 2013 menyimpulkan bahwa wanita yang jam tidurnya normal (7-8 jam) memiliki kemungkinan hamil lebih tinggi ketimbang wanita yang jam tidur setiap harinya 9-11 jam. Mengapa? Karena kebiasan tidur berpengaruh pada ritme sirkadian, siklus menstruasi, dan keseimbangan hormon.

Setelah mengetahui bahayanya, apakah Anda masih ingin menghabiskan waktu dengan tidur atau malas-malasan di kasur? Kalaupun ingin tidur siang, para ahli menyarankan durasinya sekitar 20 menit dan tak lebih dari 1 jam. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here