Bagaimakah Pola Hidup Sehat Itu?

Seminggu yang lalu banyak pertanyaan yang masuk, dengan bertanya bagaimana sih pola hidup sehat itu? Dan untuk orang yang pernah sakit apakah bisa menjalankan pola hidup sehat? Simak jawaban di bawah ini.

Pola hidup sehat adalah pilihan yang terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga badan tetap sehat. Tetapi bagi mereka yang terlanjur sakit, jangan khawatir, tidak ada kata terlambat, dengan asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh, bisa mendapatkan kembali kesehatan yang di inginkan.

  1. Mengatur jadwal makan dan menu makan yang seimbang

Makan tepat waktu pada jam- jam makan yang telah ditentukan yaitu pagi, siang dan malam bermanfaat untuk mengontrol jumlah makanan yang kita makan. Selain jumlah kita juga harus pertimbangkan kandungan gizi yang seimbang yaitu 4 sehat lima sempurna. Menambah atau memperbanyak untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sangat baik untuk menutrisi tubuh anda.

     2.  Berjemur dipagi hari

Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Ini dikarenakan, dengan terpapar sinar matahari pagi, maka tubuh akan terpacu untuk memproduksi vitamin D. Vitamin D pada tubuh memiliki fungsi untuk menangkal penyakit jantung, aneka jenis kanker dan juga mencegah pengeroposan tulang dini.

     3.  Olahraga secara teratur

Rutin berolahraga merupakan salah satu faktor yang dapat membuat badan anda lebih sehat dan fit sepanjang hari. Anda dapat memulainya, dengan menyisihkan waktu pagi untuk berolahraga pagi seperti berjalan, berlari maupun bersepeda santai. Karena olahraga bermanfaat bagi kaum muda, sangat membantu dan berguna bagi tubuh untuk membantu masa pertumbuhan mereka. Sedangkan bagi para orang dewasa dan juga orang tua, olahraga berguna untuk menjaga kebugaran tubuh dan juga kesehatan organ tubuh.

   4.  Tidur yang cukup

Tidur yang teratur dan cukup, pola tidur yang sehat sebenarnya dari jam 9 malam sampai dengan jam 6 pagi. Karena jam tidur yang normal dan sehat adalah 8-9 jam. Jika anda tidur kurang atau lebih dari 8-9 jam, akan ada kemungkinan anda akan mengalami sesuatu yang membuat anda menjadi tidak sehat. Jadi ingat!!! tidur yang yang cukup itu sangat penting.

   5. Hindari stress

Kebanyakan orang sangat sulit untuk menghindari hal ini. Stress pikiran memang sering kali menyerang tiap orang. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kondisi kesehatan anda baik secara pikiran (mental) maupun secara fisik. Jika anda sedang memiliki masalah, sebaiknya jangan dipikirkan terlalu serius. Mulai hari anda dengan tertawa atau tersenyum. Karena aktivitas tersenyum maupun tertawa berdampak sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kesehatan tubuh itu sendiri.

Sebelum Anda memutuskan mengubah pola hidup sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu untuk menghentikan konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat tersebut sehingga Anda tidak akan terkejut ketika dihadapkan secara langsung pada aturan gaya hidup sehat yang telah dianut sejak lama. Selamat memulai hari- hari dengan cara yang sehat.

Silakan kirimkan kembali pertanyaan Anda di rubik konsultasi kami.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY