Bagaimana Cara Menggunakan Panty Liner yang Benar?

www.sehatfresh.com

SehatFres.com – Sobat wanita sering menggunakan panty liner? Sudah yakinkah Anda menggunakannya dengan benar? Penggunaan panty liner memang perlu adanya sebuah perhatian. Hal ini dikarenakan langsung bersentuhan dengan organ kewanitaan, yang mana merupakan sesuatu yang perlu dijaga kebersihannya.

Fungsi Panty Liner

Panty liner adalah sebuah jenis pembalut yang digunakan khusus untuk kebersihan daerah kewanitaan. Pantyl liner digunakan untuk mengatasi lendir yang berlebihan. Fungsi panty liner sama halnya dengan pembalut untuk menyerap lendir dari organ kewanitaan.

Tips Menggunakan Panty Liner yang Baik dan Benar

Panty liner sebaiknya digunakan dalam waktu yang singkat atau tidak perlu terlalu sering. Ganti lah panty liner setelah Anda buang air kecil atau setiap 2 jam sekali, sebab lendir yang keluar dari Miss V memang bersifat alamiah. Jika Anda nekat tidak mengganti panty liner, maka otomatis bakteri dan kotoran dalam lendir tersebut akan menumpuk di dalam panty liner yang Anda pakai.

Kondisi ini jika terus-menerus terjadi, justru akan menjadikan Miss V sangat lembab. Hal ini juga akan memicu tumbuhnya bibit penyakit di sekitar mulut Miss V. Bibit penyakit yang tumbuh bisa menimbulkan adanya infeksi, rasa gatal, dan bau tak sedap. Jadi ada baiknya jangan terlalu intens menggunakan panty liner secara rutin atau setiap hari.

Sebaiknya Panty Liner digunakan Pada Saat?

Rekomendasi untuk menggunakan panty liner ialah saat menstruasi datang tak tepat waktu, daripada malu kalau tembus sampai ke celana atau rok, bisa diantisipasi terlebih dahulu menggunakan panty liner. Saat menstruasi sudah mau selesai tapi masih keluar sedikit-sedikit bisa menggunakan panty liner. Saat Anda sibuk berolahraga dan mengeluarkan keringat berlebih juga bisa digunakan panty liner tersebut.

Pilih Panty Liner yang Seperti Apa?

Meskipun kita tidak dianjurkan untuk memakai panty liner secara sering, setidaknya jika kita ingin menggunakannya untuk saat-saat tertentu tetap harus diperhatikan hal-hal yang sekiranya baik dan benar. Pertama, pilih lah panty liner yang berkualitas. Jangan sembarangan membeli yang murah dengan iming-iming mendapatkannya dengan jumlah banyak. Lebih baik Anda mengeluarkan uang daripada harus menanggung akibatnya.

Kedua, jangan memakai panty liner yang mengandung perfume. Pilih lah panty liner yang non-perfume, terutama jika kulit Anda sangat sensitif. Kulit yang sensitif biasanya akan gatal jika ada aroma perfume, sehingga akan menimbulkan iritasi. Ketiga, pilih lah panty liner yang bebas zat dioxin. Zat dioxin ialah zat berbahaya yang efektivitasnya sama dengan 2000x racun tikus, sebab terdiri dari bahan kimia dan bleaching pembalut. Zat dioxin jika dipakai dan terkena darah menstruasi justru akan menguap ke dalam rahim dan menimbulkan penyakit baik itu miom, kista, kanker serviks, dan lain sebagainya.

Bagaimana sobat sehat? Sudah tahu kan cara menggunakan panty liner yang baik dan benar? Simpulannya ya jangan gunakan secara rutin dan pilih lah dari bahan dasar yang tidak berbahaya. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here